WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Drumband dan Rebana SD Negri 9 Purwodadi Tetap Menjadi Dambaan, Sayang Kondisi Fisiknya Memprihatinkan

GROBOGAN, JMI - Drumband, Marching band adalah sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik secara bersama sama.

Meski kegiatan Drumband merupakan bentuk ekstrakurikurel namun kegiatan tersebut bisa untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri mereka melalui Seni musik menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi SD Negeri 9 Purwodadi Kabupaten Grobogan baik dari kepala Sekolah, Guru, Staf dan juga  seluruh siswa siswi di SD Negeri tersebut, betapa tidak dalam setiap ajang perlombaan digelar untuk tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Grobogan SD Negeri 9 Purwodadi selalu membanggakan dalam prestasi di ajang perlombaan baik itu Drumband maupun Rebana bahkan tak dipungkiri selalu mendapat juara.

Tidak hanya Drumband SD Negeri 9 Purwodadi juga memiliki kebanggan dalam nuansa musik islami yaitu Rebana dimana kegiatan ekstra tersebut juga prioritas selain kegiatan pembelajaran, namun kegiatan Rebana yang juga selalu mendapat juara dalam setiap perlombaan justru saat ini kegiatan musik Rebana tidak sesuai yang diharapkan dikarenakan alat alatnya sudah pada mengalami kerusakan.


Kepala Sekolah SD Negeri 9 Purwodadi, TJatur Prijanto Adi,S.Pd yang di wakilkan Didik Prihanto,S.Pd sebagai Guru Kelas 4 dan juga sebagai pengurus pelaksanaan ekstra kurikuler Drumband dan Rebana kepada Jurnal Media Indonesia saat berada di ruang kantor sekolah menyampaikan bahwa, "Kedua kegiatan ekstra tersebut terutama yang Rebana kita selalu mendapatkan juara 1 dalam lingkup perlombaan tingkat Kabupaten meskipun belum sampai ke provinsi tapi kita tetap akan terus berupaya lebih baik lagi, hal tersebut di sampaikan Didik Prihanto pada hari Selasa 01/08/2023," Terang Didik P.

Saat ini kita terkendala dengan peralatan musik yang sudah pada rusak termasuk Drumband dan juga Rebana karena dari anggaran dana bos tidak masuk dan tidak diperbolehkan makanya sementara kita bekukan meskipun dari pihak Dinas memperbolehkan dalam pembelian alat-alat tersebut namun sementara kita tidak jalankan ekstra tersebut dan tetap kita bekukan untuk sementara waktu," ujarnya.

Lebih lanjut Didik Prihanto menyampaikan terkait dengan drumband banyak alatnya yang sudah tidak layak, maka pihak sekolah melakukan Rapat Dewan Guru Rencana sepakat untuk pembelian baru namun masih kita pending melihat dengan tingginya biaya. Kemudian selanjutnya kita mengambil langkah lebih lanjut dengan melakukan rapat bersama komite karena adanya agenda terdekat yaitu untuk menghadapi dan menyambut HUT RI ke 78," Ungkap Didik.


Dalam rapat komite dengan wali murid terjadi kesepakatan bersama yaitu untuk meneruskan kegiatan drumband. Perlu kita sampaikan pihak sekolah tidak memaksa untuk kegiatan ekstra tersebut dijalankan lagi atau tidak. Hal tersebut sebelum kita adakan rapat bersama adalah merupakan keinginan kehendak dari siswa siswi kelas lV, V, Vl yang tetap masih menginginkannya maka dari itu kita sikapi dan kita sampaikan ke wali murid untuk peralatan drumband lama akan kita tukar tambahkan dengan yang baru karena kalau beli yang baru jelas mahal,"Jelas Didik.

Dalam kesepakatan rapat antara wali murid bersama komite akhirnya mengizinkan dan menginginkan untuk ekstra tersebut tetap di jalankan," pungkas nya.


Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri demi kemajuan SD Negeri 9 Purwodadi yang sudah terakreditasi A dengan jumlah 224 siswa sudah terdapat adanya sarana prasarana yang sudah memadai seperti, ruang perpustakaan, ruang laborat, ruang praktik, ruang uks, ruang ibadah dll yang sudah di miliki SD Negeri 9 Purwodadi. Tentunya kita selalu mengupayakan dalam menjalankan pelaksanaan pendidikan secara transparan serta menjunjung tinggi dalam musyawarah dalam mengambil sebuah keputusan, Kami atas nama Kepala Sekolah berserta Guru dan staf selalu menunggu dan menerima masukan-masukan yang positif demi kemajuan SD Negeri 9 ini.

SD Negeri 9 Purwodadi juga menyelenggarakan Pendidikan Bebas Pungutan Bagi Seluruh Siswa.

 

Pewarta : Heru gun

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Hasil Musorkab Yag di Gelar di Laska Hotel Subang, Ujang Sutrisna Alias Ucok Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum KONI Subang Periode 2024-2029

SUBANG, JMI - Musyawarah Olahraga (Musorkab) Kabupaten Subang Tahun 2024. Ujang Sutrisna alias Ucok Resmi terpilih sebagai ketu...