WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

1000 Ventilator dari Australia Tiba di Indonesia

Jakarta JMI, Indonesia telah menerima bantuan peralatan medis berupa ventilator dari Australia. Sebanyak 1.000 ventilator dari Australia itu tiba di Jakarta, Jumat (9/7/2021) malam.

“Dukungan ini adalah wujud kerja sama dan kolaborasi yang baik antara Indonesia dan Australia sebagai negara sahabat dan mitra strategis komprehensif,” tulis Kementerian Luar Negeri RI dalam laman resminya, Sabtu ini.

Australia juga akan mengirimkan 2,5 juta dosis vaksin, oxygen concentrator, tabung oksigen, test kit antigen, dan alat-alat kesehatan lainnya secara bertahap. Sebanyak 700 konsentrator oksigen, lebih dari 170 tabung oksigen, serta sejumlah peralatan medis habis pakai akan dikirim Australia.

Selain Australia, beberapa negara sahabat lainnya juga telah menawarkan dukungan kepada Indonesia, di antaranya Singapura, Amerika Serikat, Belanda, Jepang, Inggris, UAE, India, hingga Republik Rakyat China (RRC).

“Kerja sama dan kolaborasi adalah kunci dalam menghadapi perkembangan kenaikan kasus dan kematian (akibat) Covid-19 yang terjadi di berbagai kawasan dunia akibat varian baru ini,” tulis Kemenlu RI.

Sebelumnya, Indonesia menerima bantuan sejumlah alat kesehatan dari Singapura untuk membantu penanganan Covid-19 di Tanah Air. Bantuan yang dikirim pada Jumat kemarin tersebut diserahkan langsung oleh Menlu Singapura, Vivian Balakrishnan, kepada Duta Besar (Dubes) RI untuk Singapura, Suryo Pratomo, di Paya Lebar Air Base, Singapura.

Menlu Vivian berharap bantuan tersebut dapat membantu Indonesia dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

“Kita tahu varian Delta menular dengan sangat cepat dan tentunya kami berharap agar Indonesia bisa segera mampu mengendalikan kasus penularannya,” ujar Vivian.

Adapun bantuan peralatan kesehatan tersebut antara lain adalah ventilator, oxygen concentrator, tabung oksigen, masker medis, serta alat pelindung diri (APD).

Faisal 6444/Red/JMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sosialisasi Hibah Tanah Dari Pemerintah Kab. Tangerang Ke Pemerintahan Desa Tobat

Tangerang JMI , Silaturahmi Dan Sosialisasi Hibah Tanah Dari Pemerintah Kabupaten Tangerang Ke Pemerintahan Desa Tobat Kecamatan Balaraja ka...