WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Mentan SYL Terpilih Jadi Ketua G20 Bidang Pertanian

Jakarta JMI, Indonesia terpilih menjadi Ketua G20 Bidang Pertanian dalam Agriculture Ministerial Meeeting G20 yang digelar di Florence, Italia pada Jumat (17/9/2021).

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, terpilihnya Indonesia sebagai ketua bidang pertanian menjadi sebuah kebanggan.

"Insya Allah amanah ini akan saya kerjakan dengan sebaik-baiknya demi demi kemajuan pertanian tanah air," kata Syahrul seperti dikutip dari unggahan Instagram-nya, Minggu (19/9/2021).

Seperti diketahui Syahrul bersama jajarannya menghadiri Open Forum on Sustainable Agriculture diselenggarakan di Florence, Italia, tanggal 16-18  September 2021.

Pertemuan tersebut merupakan side event pendahuluan dari Agriculture Ministerial Meeting G20 Italia yang dihadiri oleh Menteri Pertanian dan akan berlangsung dari tanggal 17-18 September 2021 di tempat yang sama.

Syahrul menyampaikan, Indonesia saat ini juga konsisten untuk terus mendorong sistem pangan dunia yang berkelanjutan, inklusif, dan tangguh. Terlebih, saat ini dunia telah mengalami masa krisis ekonomi akibat dampak negatif dari Covid-19.

Lebih lanjut, Secara khusus Syahrul juga mengajak negara G20 meningkatkan peran sektor pertanian berkelanjutan dalam pencapaian Sustainable Development Goals terutama untuk Afrika yang masih menghadapi krisis pangan dan kelaparan.

Dukungan untuk kawasan Afrika melalui peningkatan kapasitas dan kapabilitas petani dalam meningkatkan produksi pertanian dapat menciptakan ketahanan pangan global.

Ia juga menekankan negara G20 harus memegang peran penting dalam membangun lingkungan global yang kondusif untuk mendorong investasi di sektor pertanian serta memastikan perdagangan pangan dan pertanian yang adil dan lancar, khususnya untuk mendukung Afrika dalam pencapaian target SDG 2030 terutama tujuan dua yaitu penghapusan kelaparan.

“Indonesia terus mendukung Afrika dengan berbagi pengalaman mengenai berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Indonesia dalam meningkatkan produksi pertanian dan pencapaian ketahanan pangan dan gizi,” pungkasnya.

Faisal 6444/Red/JMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Kapolres Subang Berikan Bantuan Sembako, Motivasi Serta Doakan Warga Sakit Tumor dan Kebocoran Usus di Desa Bantarsari Cijambe, Subang

Subang JMI - Bentuk rasa kepedulian  serta rasa jiwa sosial yang tinggi yang di Miliki oleh  orang nomor satu pejabat kepolisia...