WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

FPII Korwil Lampung Tengah Pertanyakan Pemda Tolak Kerjasama Media Berbadan Hukum

LAMPUNG TENGAH, JMI--Menanggapi surat edaran Dinas Komimfo nomor : 25/025/Da.VI.15/2022 tentang : Update data manual media. Melaksanakan pekerjaan advetorial media masa, Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Kabupaten Lampung Tengah, Bambang Irawan, mempertanyakan soal kebijakan tersebut, yang mana Pemda Lampung Tengah hanya mengakomodir media-media tertentu saja.

Sementara ada beberapa media yang tidak masuk untuk kerjasama atau bermitra dengan dengan pemerintah dengan alasan tidak memenuhi klasifikasi  verifikasi dari pihak Universitas Lampung (Unila) mendapat grade D.

Adapun media yang baru mendaftar akan ditolak, meskipun media tersebut berbadan hukum. Bahkan media tersebut berdomisili di Lampung Tengah. 

Bambang Irawan mengatakan, (22/02/2022), bila berpedoman dengan Undang-undang No.40 Tahun 1999 tentang Pers, dimana didalamnya diatur bahwa setiap warga Negara Indonesia berhak mendirikan perusahaan yang berbadan hukum dari Kemenkum HAM RI.

Jika pemerintah daerah kabupaten Lampung Tengah melalui Dinas Kominfo membuat kebijakan yang membeda-bedakan, media yang berbadan hukum, sebenarnya Pemda Lampung Tengah secara sengaja atau tidak sengaja sudah melakukan diskriminasi terhadap media.

Bahkan media yang mendapat grade dari Unila apapun bentuknya tetap memiliki hak yang sama untuk mendapat perlakuan yang adil dari pemerintah.

(Rls/JMI/RED)
Sumber : FPII Korwil Lampung Tengah
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Kapolres Subang Cek Stadion Persikas Jadi Tuan Rumah Perhelatan Sepakbola Liga 3 Nasional Grup D

SUBANG, JMI - Persikas Subang jadi tuan rumah perhelatan Liga 3 Nasional Grup D yang akan digelar mulai tanggal 29 April hingga...