WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Babinsa Cengkareng Barat Edukasi Warganya Untuk Kelola Limbah Sampah Sayuran dan Buah

Jakarta JMI, Babinsa Cengkareng Barat yanh bertugas di markas komando Koramil 04 Cengkareng Jakarta Barat Serka Iwan Suhendi Saat kunjungi warganya melihat tumpukan sampah rumah tangga yang ada di sekitar Ruko 1000 (kampung Pancasila) Jalan Kamal Raya RT013 Rw.08 Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat.

 Dalam kunjungannya Serka Iwan Suhendi mengajak pengurus RT013 dan warga sekitar dibantu oleh dinas Lingkungan Hidup kecamatan Cengkareng untuk memanfaatkan Limbah tersebut sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kamis (24/03/2022).

Serka Iwan di dukungan seksi Lingkungan Hidup Kecamatan Cengkareng beserta pengurus RT.013  memulai pembudidayakan Maggot dan Budidaya Lele dengan memanfaatkan sampah sayur sayuran dan buah-buahan yang selesai dipilah dan digiling dengan mesin kemudian di jadikan Pakan untuk Maggot.

Serka Iwan menjelaskan bahwa Maggot tersebut berproses mulai dr ulat, Pre Pupa, kemudian dipisahkan ke tempat tertutup berubah menjadi Lalat selanjutnya Lalat jantan dan Betina Kawin,  Setelah itu lalat jantan Mati dan Lalat Betina Bertelur kemudian telur tersebut dipisahkan kemudian menjadi ulat kembali demikian proses sirkulasi dari Pembudidayaan Maggot.

“Ulat Maggot tersebut juga bisa di manfaatkan sebagai pakan bagi pembudidayaan ikan Lele dan Pakan burung peliharaan karena mempunyai protein yang Tinggi”, ungkap Serka Iwan.

“Pembudidayaan ikan Lele ini dimulai dr pembelian Bibit Lele kecil kemudian diternak menjadi besar dan dimanfaatkan untuk konsumsi sendiri, masyarakat dan pengepul Lele untuk dijual sebagai usaha pecel Lele di wilayah kecamatan Cengkareng”, Tambah Babinsa.

Pada kesempatan tersebut Komandan Kodim 0503/JB Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa berpesan bahwa Program ini merupakan penterjemahan dari perintah pimpinan TNI AD untuk senantiasa berada di tengah tengah masyarakat dan membantu kesulitan rakyat serta harus menjadi inspirasi bagi masyarakat banyak. 

Terlebih dalam masa pandemi covid 19 ini dimana masyarakat kecil sangat terdampak maka tugas Babinsa sbg aparat kewilayahan harus menjadi solusi bagi masyarakat.

Faisal 6444/Red/JMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

BBWS Citarum Pembangunan TPT Diduga Terkesan Tidak Transparan dan Patut di Pertanyakan.

Subang JMI, kementerian PUPR, melalui direktorat sumberdaya Air Balai besar Wilayah Sungai (BBWS) citarum melaksanakan pengerjaan proyek pe...