WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Beberapa Fitur Apple di iOS 16 yang Comot dari Android



Jakarta
 JMI, Dalam acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) pekan lalu, Apple meluncurkan iOS 16. Versi terbaru dari sistem operasi iPhone menghadirkan sejumlah fitur bagus seperti segmentasi gambar untuk wallpaper layar kunci, kemampuan untuk memotong subjek dalam gambar menggunakan pembelajaran mesin, dan pemberitahuan waktu nyata di layar kunci.

Namun, ada beberapa fitur iOS 16 yang mungkin familiar bagi pengguna Android. Berikut daftarnya, seperti dikutip Android Authority, Rabu (15/6/2022):

1.Live Captions

Mungkin fitur iOS 16 paling menonjol yang diambil dari Android adalah Live Captions. Apple mengumumkan transkripsi waktu nyata untuk percakapan, audio, dan video. Ini identik dengan fungsi Live Captions Google yang mulai debutnya pada tahun 2019. Apple juga mengumumkan iOS 16 mendukung Live Captions untuk panggilan Facetime.

2.Lock Screen Widgets

Salah satu fitur iOS 16 besar yang dipuji oleh Apple adalah penambahan widget layar kunci. Fitur itu memungkinkan Anda melihat info seperti cuaca, acara, zona waktu, dan alarm dari layar terkunci. Bahkan, Anda dapat memiliki beberapa layar kunci yang terkait dengan Focus profiles yang berbeda.

Faktanya, fitur itu mulai debutnya di Android pada tahun 2012 dengan kedatangan Android 4.2. Fitur tersebut memungkinkan Anda dapat menambahkan jam, kalender, dan elemen lain ke layar kunci.

3.Galeri Foto Bersama

Google Photos telah lama menawarkan fungsionalitas foto bersama yang memungkinkan Anda untuk berbagi album dengan orang yang dicintai dan membiarkan mereka menambahkan foto ke koleksi. Layanan Google juga memungkinkan Anda menambahkan foto ke album secara langsung sehingga Anda dapat secara otomatis menambahkan semua jepretan ke dalam album. 

Apple mengadopsi fitur serupa di iOS 16 walaupun ada beberapa penyesuaian. Fungsi perpustakaan foto bersama iCloud sekarang memungkinkan Anda berbagi perpustakaan foto dan video dengan hingga lima orang lain. Anda juga dapat memilih apa yang akan ditambahkan ke perpustakaan berdasarkan tanggal atau orang-orang yang ditampilkan dalam foto.

4.Translate Camera

Perangkat Apple sekarang dapat mengakses fungsi kamera terjemahan di aplikasi Translate pihak pertama yang memungkinkan Anda mengarahkan kamera ke teks untuk mendapatkan terjemahan.

Perangkat Android telah memiliki fitur ini selama bertahun-tahun melalui aplikasi Google Terjemahan yang memungkinkan Anda mengarahkan kamera ponsel ke teks untuk mendapatkan terjemahan secara langsung.

5.Perubahan Jendela Aplikasi

Sebenarnya ini bukan fitur iOS 16 melainkan fitur iPad OS 16. Namun, kemampuan baru iPad untuk menjalankan jendela aplikasi yang dapat diubah ukurannya adalah salinan dari fitur tablet Samsung.

Samsung telah lama menawarkan jendela aplikasi yang dapat diubah ukurannya, terutama saat menggunakan mode Dex baik pada tablet maupun layar eksternal.

6.Atur Jadwal Pengiriman Email

Apple juga mengumumkan kemampuan untuk membatalkan dan menjadwalkan pengiriman email di aplikasi Mail. Fitur pembatalan email sangat berguna saat Anda menyadari telah mengirim email ke orang yang salah.

Kedua fitur tersebut muncul di Gmail beberapa waktu lalu. Faktanya, pembatalan pengiriman pertama kali diumumkan sebagai fitur eksperimental pada tahun 2009. Kini fungsi itu sudah tersedia di Gmail untuk Android, PC, dan iOS.


Sumber : Republika

 

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dugaan Kasus Korupsi Formula E Masih Berjalan, KPK Mengatakan Kasus ini Tidak Pernah Terganggu

KPK tidak akan goyah dan terpengaruh oleh kekuasaan maupun keadaan apapun dalam memberantas korupsi/net JAKARTA, JMI – Penyelidikan kasus d...