WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Universitas Hasanuddin (UNHAS) Siap Jadi Mitra Kerja Sama Indonesia - Korea Bidang Maritim.

 


JAKARTA, JMI-- Universitas Hasanuddin (Unhas) siap menjadi mitra kerja sama dalam program Korea-Indonesia MTCRC, dengan isu utama perikanan kelautan. Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Ir  Jamaluddin Jompa MSc dalam keterangannya di Makassar, Kamis (16/6/2022) menyambut baik rencana kolaborasi yang melibatkan Unhas. Apalagi ini merupakan momentum untuk semakin memperkuat kawasan maritim Indonesia, khususnya Indonesia Timur.

Ia mengatakan, Unhas secara berkelanjutan mempunyai komitmen untuk bergerak bersama dalam menjaga dan mengoptimalkan potensi maritim Indonesia. "Sangat senang dengan rencana kemitraan yang hendak dilakukan. Untuk itu, hal ini perlu didiskusikan secara lebih mendalam untuk kemudian melakukan MoU guna mengetahui peran dan tanggung jawab Unhas dalam program ini," jelasnya saat menerima kunjungan dari tim Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC).

Ketua Dewan Penasehat MTCRC Safri Burhanuddin menjelaskan maksud kunjungan tim MTCRC ke Unhas adalah menjajaki kemitraan. Bentuk kerja sama tersebut bisa dilakukan melalui pelatihan kepada para mahasiswa dalam penggunaan alat Oseanografi.

"Sebagai bentuk keseriusan dari kolaborasi tersebut, bisa dilakukan melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak. Program MTCRC ini juga melibatkan mitra perguruan tinggi seperti ITB. Untuk di luar Pulau Jawa sendiri baru Unhas yang nantinya terlibat," kata Safri.

Pada kesempatan yang sama, Direktur MTCRC Hansan Park memberikan penjelasan tentang Program Kolaborasi Korea - Indonesia melalui MTCRC yang fokusnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan. Program ini telah menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti join research project dan capacity building, yang mengedepankan prinsip keberlanjutan untuk generasi mendatang utamanya sektor kemaritiman.

MTCRC menjadi pusat penelitian bersama antara pemerintah Korea dan Indonesia dalam bidang teknologi kelautan. Adapun beberapa aktivitas utama yakni sebagai platform kemitraan berbagai lembaga institusi, penelitian bersama dan peningkatan kapasitas.


Sumber : Republika.

Editor   : Gofario Agusthia

 

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dua Warga Asal Grobogan dan Pekalongan Jawa Tengah Raih Juara Pertama dalam Lomba Blog dan Vlog Setapak Perubahan Polri

JAKARTA JMI – Dua wanita asal Grobogan dan Pekalongan yang mewakili Polda Jateng berhasil meraih juara pertama dalam lomba krea...