WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dialog Keagamaan FKUB Penguatan Moderasi Beragama Dan Tahun Toleransi 2022.


Subang, JMI
 - Dialog Keagamaan yang diselenggarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Subang di hadiri wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi,bertempat di Aula Pemda Kab. Subang. Rabu, (06/07/22).

Dalam Kegiatan dialog keagamaan tersebut bertemakan "Penguatan Moderasi Beragama dan Tahun Toleransi 2022 Kab. Subang

Ketua pelaksana  kegiatan Dialog Keagamaan Pendeta Agus Saputra menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja FKUB Kabupaten Subang dengan tujuan membuat hidup penuh kerukunan dan kedamaian dalam mewujudkan Subang menjadi kota toleransi.

Kemudian dilanjutkan pada pembacaan  pernyataan sikap generasi lintas agama oleh perwakilan pemuda dari seluruh unsur agama.

Kepala Kesbangpol Subang, Rona Mairansyah menuturkan bahwa isu agama merupakan hal yang paling sensitif terhadap kerukunan hidup beragama. "Heterogenitas (di Kabupaten Subang) sangat tinggi, sehingga diperlukan pengelolaan perbedaan kerukunan hidup beragama dan harus perlu disikapi dengan Arif dan bijaksana" ungkap Rona Mairansyah


Dipaparkan pula sambutan dari Kemenag Subang Agus Sutisna , S.Ag., M.Pd. bahwa momen tersebut merupakan momen yang tepat untuk menjaga kedamaian dan kerukunan beragama di kab. Subang.

"Realitas kerukunan umat beragama bukan hanya milik kementrian agama, namun untuk seluruh umat beragama." ungkap Agus Sutisna

Sementara itu, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menyampaikan bahwa Kemajemukan masyarakat Indonesia Memiliki potensi bagi munculnya konflik atas nama suku, ras, dan agama. untuk menghindari hal-hal negatif tersebut dibutuhkan sikap terbuka dan menghargai sebuah perbedaan. 

"karena sebenarnya perbedaan dalam kehidupan manusia merupakan anugerah dari tuhan dan akan menjadi indah bilamana perbedaan tersebut dapat dipergunakan sebagaimana mestinya". Ungkap wakil Bupati Subang.

Agus Masykur Rosyadi juga menyampaikan bahwa kerukunan harus menjadi cita-cita luhur setiap orang. "Kalau masyarakat sudah rukun, aman dan damai maka subang Jawara (Jaya, Istimewa,Sejahtera) saya yakin bisa kita wujudkan bersama."

Agenda dilanjutkan dengan dialog bersama narasumber Prof Dedy Djubaedi Direktur pasca sarjana UIN Syekh Nurjati Cirebon dan Bapak Iwa Kartiwa perwakilan BIN Daerah Jawa Barat.

Turut hadir dalam agenda tersebut Kemenag Jabar, Kapolres Subang, Dandim 0605 yang mewakili, Kemenag Subang, perwakilan Kejari Subang, ketua FKUB Subang, semua unsur tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Kapolres Subang Cek Stadion Persikas Jadi Tuan Rumah Perhelatan Sepakbola Liga 3 Nasional Grup D

SUBANG, JMI - Persikas Subang jadi tuan rumah perhelatan Liga 3 Nasional Grup D yang akan digelar mulai tanggal 29 April hingga...