WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Mantan Bupati Subang Mang Eep Tolak Ruang Subang Utara Diruksak, Rekomendasi Bupati Subang Sendiri


Subang JMI,
Sebagaimana diketahui, beberapa waktu yang lalu (awal Kang Haji Ruhimat memangku jabatan Bupati Subang) terdapat surat usulan permohonan rekomendasi dari perusahaan kawasan industri Cipeundeuy untuk rencana jalan tol yaitu intercing / jalan lingkar dan jalan tol dari kawasan industri Cipeundeuy ke pelabuhan Patimban.

Bahwa untuk maklum sesuai UU bahwa kawasan industry wajib diberikan akses ke Pelabuhan, dalam hal ini ke Pelabuhan Patimban. 

Ketua DPD partai Nasdem kabupaten Subang Eep Hidayat,Calon Anggota DPR RI dari partai Nasdem kepada Jurnal Media Indonesia , Selasa,19/7/2022, dalam sambungan telpon selularnya menyampaikan  pengakuannya Bahwa dirinya bukan orang baik, tapi masih ada rasa cinta dan sayang terhadap kabupaten Subang sekalipun tidak sebesar cinta para anggota Dewan , Bupati/wakil Bupati,para pejabat dan aparatur negara lainnya terhadap kabupaten Subang.

Bahwa perlu di ketahui Pemikiran Bupati Subang ketika itu sangat ideal menunjukkan rasa sayang dan cintanya terhadap Kabupaten Subang, beliau tidak setuju kalau rencana jalan tol yang diusulkan secara diagonal dari Cipeundeuy ke Patimban ,karena akan membelah Subang bagian utara secara radikal dan pemikiran beliau sangat hebat pada saat itu yaitu akan merekomendasi jika untuk akses kawasan industri adalah Cipeundeuy – Cibogo (yang sekarang) ditambah Cibogo – Cipunagara – Compreng –Pusakajaya – Patimban,"imbuhnya.

Lanjut Eep Hidayat bahwa Pemikiran Bupati Subang ketika itu sangat terpuji dan ideal, tidak mau ruang Subang bagian utara dibelah secara radikal dan diagonal.

Saya sampaikan kesamaan pemikiran Bupati Subang dengan saya ketika itu dan saya apresiasi sebagai bentuk rasa cinta dan saying bupati Subang terhadap Subang. Teman saya sempat menyangsikan bahwa pemikiran Bupati suatu saat nanti akan berubah seiring pertemuan dengan perusahaan.

Entah sudah bertemu atau tidak dengan pengusahanya, bagai petir disiang bolong ternyata sesuai dugaan teman saya bahwa pemikiran Bupati Subang akan berubah total, maka Bupati Subang mengeluarkan rekomendasi rencana JALAN TOL CIPEUNDEUY LANGSUNG PATIMBAN yang membelah Subang bagian utara secara radikal yang akan meruksak ruang Kabupaten Subang bagian utara,"paparnya.

Mang Eep menambahkan Atas rekoemndasi Bupati Subang tersebut dirinya menyampaikan penolakan terhadap rekomendasi Bupati Subang atas rencana pembuatan jalan tol secara diagonal ci Peundeuy-patimban karena akan merusak masa depan ruang Subang bagian Utara apalagi dengan adanya rencana pembentukan,"kabupaten Subang Utara." 

Bahwa perlu untuk diketahui dengan tol sesuai dengan pemikiran Bupati yang murni dan baik sebelumnya sangat strategis bagi Kabupaten Subang, mempunyai jalan lingkar Cipeundeuy, intercing Kalijati, Cilameri, Cibogo, Cipunaga – Compreng dan jalan lingkar Pusakajaya-Pusakanagara. 

Secara kebetulan pada hari Rabu tanggal 13 Juli 2022 sekira jam 18.30 WIB Pak Bupati Subang datang berkunjung ke rumah saya dan saya utarakan keberatan itu.

Pak Bupati menyadari kekeliruannya itu dan mengakui bahwa yang paling strategis dan baik untuk Kabupaten Subang adalah Cipeundeuy – Cibogo (tol sekarang) ditambah Cibogo – Patimban melewati Compreng, Pusakanagara dan Pusakajaya. Beliau pun berjanji akan mencabut kembali rekomendasi yang telah dikeluarkan dan diakuinya sebagai kekeliruan itu. 

Walaupun Bupati Subang berjanji akan mencabut kembali rekomendasi yang akan membuat suram masa depan ruang Kabupaten Subang bagian utara tersebut, namun saya sekarang khawatir, karena Bupati Subang diperkirakan telah terlalu jauh melangkah sehingga menjadi sangat pelik untuk melakukan pencabutan rekomendasi itu, kecuali kalau cintanya terhadap Kabupaten Subang lebih besar dibandingkan kepentingan perusahaan.,"ungkapnya.


Agus Hamdan/JMI/Red. 

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Semarak HUT Ke-77 RI, Kecamatan Panyingkiran Adakan Gebyar Beragam Kegiatan

MAJALENGKA, JMI - Seluruh warga masyarakat di tiap daerah antusias mengikuti berbagai gebyar kegiatan di momen HUT-ke77 RI. Pot...