WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Peserta Didik Dikbangspes Pama Yanmin Inteljen Polri Kunjungi PT.Dahana Subang


Subang JMI -
Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Pusat Pendidikan Intelijen kembali mengadakan Pendidikan Pengembangan Spesial Perwira Pertama Pelayanan Administasi (Dikbangspes Pama Yanmin) Intelijen. Salah satu materi pendidikannya membahas bahan peledak, dan untuk menambah wawasan mengenai bahan peledak, peserta didik diajak untuk mengunjungi PT DAHANA pada Rabu, (20/07/2022).

Salah satu pelatih yang mendampingi peserta, Ajun Komisaris Besar Polisi  AKBP. Parsono menyampaikan, bahwa peserta didik pelayanan dan administrasi ini memiliki korelasi dengan DAHANA. Ia juga menuturkan, sebenarnya secara teoritik, peserta sudah mendapatkan pemahaman dari para pendidik di Pusdik.

“Namun, kami tidak memiliki kewenangan untuk menyimpan barang-barang itu (bahan peledak), sehingga kami datang ke sini untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman langsung di sini. Kami mengucapkan terima kasih kepada DAHANA, telah menerima kami dengan baik,” tutur Parsono.


Vice President Energetic Material Center DAHANA Benny Gunawan menyampaikan dalam sambutannya, peserta didik Pusdik Intelijen Polri nantinya akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman terkait produk-produk baru PT DAHANA.

“Sebagai informasi, DAHANA selain memproduksi bahan peledak komersial, DAHANA juga mampu memproduksi bahan peledak militer, seperti yang ada di depan tadi.  Ada bom, dan roket,” ungkap Benny Gunawan.

Benny juga menambahkan, hubungan antara DAHANA dengan kepolisian sangat baik, karena DAHANA merupakan Objek Vital Nasional yang selama 24 jam per 7 hari selalu dijaga oleh anggota polisi. Selain itu, DAHANA juga dalam operasional bahan peledak membutuhkan pengamanan ekstra dari pihak kepolisian seperti pada saat mobilisasi ke konsumen.

Usai mendapatkan materi dan diskusi di ruang Smart Room Kampus DAHANA, peserta didik kemudian diajak untuk melakukan plant tour untuk mengetahui bagaimana proses produksi bahan peledak dilakukan oleh perusahaan kiblat bahan peledak Indonesia tersebut. Salah seorang peserta didik yang berasal dari Polda Kepulauan Riau terkagum-kagum saat melakukan kunjungan pabrik.

“Amazing ya, kami senang sekali dapat kesempatan ke sini (plant tour), selain mendapatkan ilmu pengetahuan, tadi kita juga sudah melihat jenis-jenis bahan peledaknya, dan pengalaman baru, bagaimana terjadinya peledakan itu. Kita berharap DAHANA terus meningkatkan penelitiannya untuk penelitian baru, sehingga dapat terus Serving The Nation Better,” ungkap Ipda Dwi Nurhuda.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ferdi Sambo dan Bharada E Akan di Periksa Komnas HAM di Mako Brimob

JAKARTA, JMI - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebutkan Komnas HAM akan memeriksa Bharada E dan Irjen Pol. Ferdy Sambo di M...