WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

TransJakarta Ubah Rute Uji Coba 3 Bus Listrik


JAKARTA, JMI
 --  PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) merubah rute uji coba tiga unit bus listrik pabrikan Zhongtong, Skyweel dan Golden Dragon. Ketiga merek bus listrik tersebut kini melayani rute Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini (5M).

"Bus listrik melayani masyarakat mulai pukul 05.00-21.00 WIB serta diwajibkan melakukan tap in dan tap out kartu uang elektronik (KUE) pada alat tap on bus (TOB) yang ada di dalam bus," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Anang Rizkani Noor dalam keterangannya, Selasa (26/7/2022).

Anang menjelaskan sebelumnya ketiga bus listrik itu melayani rute Kampung Melayu-Tanah Abang (5F). Anang menuturkan perubahan rute ini dilakukan supaya masyarakat bisa menjajal bus secara merata sekaligus mengenalkan jalur bus.

"Perubahan rute ini agar bisa melayani masyarakat di wilayah-wilayah yang sebelumnya pernah dilintasi oleh bus listrik," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, TransJakarta menargetkan sebanyak 10.047 bus listrik dapat beroperasi pada 2030. Rencana ini masuk Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) PT Transportasi Jakarta.

"TransJakarta sesuai dengan tupoksinya, penugasan yang diberikan Pemprov DKI. Tentu itu penjabaran dari Paris Agreement tahun 2015 yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada waktu itu bahwa Indonesia akan patuh pada zero emission sampai dengan tahun 2050, salah satu penjabarannya yang kami lakukan, Transjakarta sampai dengan 2030 akan mengoperasikan bus listrik mencapai 10.047 unit," ujar Direktur Utama Transjakarta M. Yana Aditya di pameran Periklindo Electric Vehicles Show 2022, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/7).

Yana memastikan pengadaan bus listrik saat ini telah melalui tahapan pemeriksaan dan uji coba dari berbagai pihak. Meski punya target puluhan ribu tinggal 8 tahun lagi, TransJakarta baru mengoperasikan puluhan bus listrik.

TransJakarta akan menggunakan bus listrik besutan Moeldoko, PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Ujicoba satu unit MAB di jalur yang belum dilintasi bus listrik yakni Dukuh Atas 2 - Ragunan atau koridor 6 mulai Senin, 1 Agutus 2022.

"Saat ini di Jakarta, TransJakarta baru mengoperasikan 30 bus listrik. Rutenya dari Senayan ke Senen, mungkin bapak ibu melihat di Jl. Sudirman Thamrin warna orange dan hijau. Dengan tambahan MAB akan semakin banyak bus listrik di Jakarta dan udara kita semakin hijau," jelas Yana.


Sumber : Detiknews

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ferdi Sambo dan Bharada E Akan di Periksa Komnas HAM di Mako Brimob

JAKARTA, JMI - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebutkan Komnas HAM akan memeriksa Bharada E dan Irjen Pol. Ferdy Sambo di M...