WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kemenkes: Satu Pasien Cacar Monyet di RI Sudah Sembuh

(harianjogja.com)

JAKARTA, JMI
-- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan pasien pertama terkonfirmasi cacar monyet atau monkeypox di Indonesia sudah sembuh. Berdasarkan pemeriksaan laboratorium, pasien laki-laki berusia 27 tahun asal DKI Jakarta itu sudah negatif cacar monyet.

"Pasien yang positif [cacar monyet] sudah sembuh dan sudah negatif," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu kepada Awak media mainstream Senin (29/8).


Maxi melaporkan, per 28 Agustus, 38 suspek cacar monyet di RI secara keseluruhan sudah dinyatakan negatif atau discarded. Sebanyak 38 orang itu berasal dari sembilan provinsi di Indonesia, di antaranya DKI, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Maxi mengingatkan warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ia juga meminta warga yang mengalami gejala cacar monyet segera melapor dan memeriksakan diri di fasilitas kesehatan terdekat agar dapat mendapatkan diagnosis serta penanganan lebih lanjut.

Ia mengungkapkan lima gejala yang paling banyak ditemukan dari pasien cacar monyet adalah demam atau panas, kelainan pada kulit, bintik-bintik merah, vesikel berisi cairan atau nanah, dan yang paling khas pembengkakan kelenjar getah bening pada leher dan selangkangan.

Sebelumnya, pasien terkonfirmasi cacar monyet pertama di RI itu diumumkan pada Sabtu (20/8). Pasien memilik riwayat perjalanan ke luar negeri.

Saat itu, pasien disebutkan sempat mengalami demam dan ruam di beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan area alat kelamin.


CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ratusan Security BUMN PT PELNI Diberhentikan Paksa, Ngadu ke Raja Galuh Pakuan Ingin Mendapat Keadilan yang Layak

JMI - Ratusan tenaga pengamanan atau security yang bekerja di BUMN PT PELNI diberhentikan paksa tanpa alasan yang jelas. Mereka lantas me...