WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Momen HUT ke-77 RI, Camat Dawuan: Refleksi untuk Bangkit dan Maju

MAJALENGKA, JMI - Dalam memeriahkan momen peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang digelar dengan melibatkan peserta lomba dari semua unsur komponen masyarakat.

Camat Dawuan, Uju Gustawan mengatakan, hal itu dilakukan bertujuan agar semua masyarakat yang ada di wilayahnya itu, dapat menikmati kembali suasana kemeriahan hari kemerdekaan RI setelah mengalami vakum selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19.

"Antusias partisipasi dan animo warga sangat tinggi ketika kita gelar berbagai acara seperti perlombaan bola voli atau kegiatan lainnya," kata Uju Gustawan, Jumat (19/8/2022).

Disamping kegiatan perlombaan sebagai penyemarak kegiatan dalam menyambut HUT ke-77 RI, seperti biasanya inti dari peringatan hari besar nasional yang mengandung nilai histori tinggi bagi bangsa Indonesia, Pemerintah Kecamatan Dawuan berikut forum pimpunan kecamatan (Fokopimcam) menggelar upacara bendera tepat pada tanggal 17 Agustus.

Uju menegaskan, bahwa kegiatan upacara bendera merah putih itu sebuah prosesi sakral yang mengandung sebuah makna jati diri bangsa, khususnya untuk para generasi penerus untuk senantiasa dapat mengenang dan menghargai perjuangan para pendiri bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan tanah air Indonesia.
"Tema HUT ke-77 RI sekarang ini punya dasar-dasar yang kuat, yakni Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat setelah bangsa ini dilanda dalam dua tahun terakhir ketika terjadi pandemi Covid-19," ungkaonya.

Uju menuturkan, bahwa berkaitan dengan momen hari kemerdekaan ini, sebagai generasi penerus diingatkan kembali untuk mengenang, menghargai, meneruskan serta mempertahankan hasil perjuangan para pendahulu dengan mengisinya melalui berbagai prestasi dan semangat tinggi dalam membangun negeri.

Begitipun saat berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI  yang digelarnya itu, menurutnya selain sebagai sarana hiburan, ditujukan pula untuk memfasilitasi interaksi jalinan silaturahmi warga, khususnya bagi masyarakat Kecamatan Dawuan. 

Sehingga, diharapkan akan tercipta rasa kebersamaan dan keharmonisan dalam lingkup sosial keberagaman, sekaligus menanamkan sikap peduli dan berperan aktif dalam membangun negeri secara bersama-sama, khusus dalam lingkup daerah yakni mewujudkan Majalengka yang Raharja. 

Yaya Ruhiyat/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ketua KNPB Mimika Ditangkap Terkait Suplai Senjata Ilegal ke KKB Papua

gambar hanya ilustrasi JAKARTA, JMI -- Satgas Ops Damai Cartenz  kembali menangkap dua tersangka dalam kasus dugaan suplai senjata dan amuni...