WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Realisasi Anggaran Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi Rp146 T


JAKARTA, JMI
 -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mencatat bahwa realisasi anggaran Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) mencapai Rp146,7 triliun per 22 Juli 2022.

Realisasi itu setara dengan 32,2 persen dari total alokasi anggaran sebanyak Rp455,62 triliun.

"Realisasi PC-PEN sudah sekitar 32,2 persen, terutama di sektor kesehatan," ujar Airlangga dalam Mid Year 2022 Economic Outlook Bisnis Indonesia, Selasa (2/8).

Realisasi untuk penanganan kesehatan mencapai Rp31,8 triliun atau 25,9 persen dari total pagu Rp122,54 triliun.

Realisasi itu digunakan untuk pembayaran klaim dan insentif tenaga kesehatan, insentif perpajakan vaksin dan alat kesehatan, klaim pasien dan dukungan APBD.

Untuk sektor perlindungan dana masyarakat, realisasi mencapai Rp63,7 triliun atau 41,1 persen dari total pagu Rp154,76 triliun.

Realisasi mencakup Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng, BLT desa, Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima Warung dan Nelayan (BT PKL WN), dan Pra Kerja.

Sektor lainnya adalah penguatan pemulihan ekonomi yang realisasi anggarannya mencapai Rp51,3 triliun, atau 28,7 persen dari Rp178,32 persen.

"Terdiri dari program padat karya, infrastruktur ketahanan pangan, kawasan industri, dan dukungan UMKM," terang Airlangga.

Selanjutnya adalah pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk juga insentif perpajakan.


CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Semarak HUT Ke-77 RI, Kecamatan Panyingkiran Adakan Gebyar Beragam Kegiatan

MAJALENGKA, JMI - Seluruh warga masyarakat di tiap daerah antusias mengikuti berbagai gebyar kegiatan di momen HUT-ke77 RI. Pot...