WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dishub DKI soal Rencana MRT Akuisisi Saham KCI: Amanat Ratas Presiden

Dishub DKI Jakarta menyatakan rencana PT MRT Jakarta mengakuisisi 51 persen saham PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sesuai amanat Presiden Joko Widodo/net

JAKARTA, JMI
-- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan rencana PT MRT Jakarta mengakuisisi 51 persen saham PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) sesuai amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini kan amanat ratas (rapat terbatas) Pak Presiden yang notulensinya sudah ada, artinya Jakarta terus berupaya apa yang sudah diamanatkan Pak Presiden untuk akuisisi KCI," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Kamis (29/9).

Wacana ini sudah mengemuka sejak beberapa tahun lalu. Namun, sempat terhenti karena terkendala pandemi covid-19.

Di sisi lain, Syafrin mengatakan bahwa rencana MRT mengakuisisi KCI ini akan memudahkan integrasi antarmoda yang ada di Jakarta. Dampaknya juga akan dirasakan masyarakat.

"Contohnya tahap awal, yang sudah di bawah kewenangan kita, MRT, LRT, TJ, maka untuk sistem pembayaran dan tarif integrasi kan sudah diintegrasikan, ke depan, setelah seluruh jalan, maka kita bisa integrasikan dengan KCI, KRL," jelasnya menambahkan..

Syafrin menjelaskan saat ini integrasi transportasi di kawasan Jabodetabek masih terkendala oleh batas administrasi. Dengan hal itu, kata dia, Pemprov DKI juga sulit melakukan peningkatan pelayanan integrasi antarmoda di Jabodetabek.

"Sulit untuk melakukan improvement terhadap layanan di luar itu. Tentu dengan itu akan berada di bawah koordinasi," paparnya.

Tahun lalu, Eks Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan pihaknya berencana mencaplok atau mengakuisisi 51 persensaham PT KCI dari PT KAI.

William mengatakan pihaknya menggunakan jasa konsultan PwC guna memastikan valuasi PT KCI.

Proses menakar valuasi tersebut juga didampingi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Itu dilakukan untuk memastikan tata kelola yang baik serta nilai yang dikeluarkan benar-benar representatif.

Untuk melakukan akuisisi 51 persen saham PT KCI, MRT Jakarta bakal memperoleh tambahan modal yang berasal dari pinjaman Pemprov DKI Jakarta kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dalam rangka program pemulihan ekonomi nasional (PEN) senilai Rp1,7 triliun.

Sementara itu, pada 2019, Jokowi sempat menyatakan harapannya agar transportasi di Jabodetabek bisa terintegrasi.

Jokowi mengatakan kemacetan di kawasan Jabodetabek telah membuat sekitar Rp65 triliun menguap menurut data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Oleh karena itu, Jokowi menginginkan transportasi Jabodetabek bisa segera terintegrasi agar mendorong masyarakat beralih dari penggunaan kendaraan pribadi.

 

CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Tidak lebih dari 10 Jam, Dua Pelaku Pembunuhan Diringkus oleh Polres Banjar

Banjar JMI, Polres Banjar Polda Jabar - Satuan Reserse Kriminal Polres Banjar Polda Jabar tidak lebih dari 10 Jam amankan pelaku Pembunuhan...