WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Lomba Desain Maskot PORPROV XIV Jabar Kabupaten Subang, Giant Tahta pahlawan sebagai juara .


Subang JMI,
Giant Tahta Pahlawan keluar sebagai juara dalam lomba desain maskot Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) ke-14/ XIV  Jawa Barat Tahun 2022 yang diadakan oleh  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Subang berkolaborasi dengan Subang Creative Hub (SCH) pada tanggal 20 – 30 Juli 2022 lalu.

Desain maskot yang dibuat pemuda asal Kabupaten Bogor ini mengalahkan 49 kandidat peserta lainnya dari seluruh Indonesia.

Adapun konsep desain maskot yang dibuat Giant mencerminkan wilayah Kabupaten Subang sebagai tuan rumah PORPROV Jabar  Tahun ini. Yang memilki karakter Ramah, sportif, energik, lincah, cepat, gesit. Dimana hal tersebut juga melambangkan PORPROV Jabar 2022 hadir dengan semangat , kepercayaan, dan kolaborasi bagi masyarakat.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Subang, Asep Rochman Dimyati SH,MH mengucapkan terimakasih kepada semua peserta yang telah berpartipasi dalam sayembara desain maskot PORPROV Jabar 2022 ini.

Ia mengaku kaget mendapat laporan dari panitia pelaksana , karena meskipun waktu pelaksanaan lomba yang terbilang singkat, namun para peserta  begitu antusias. Lomba maskot ini para pesertanya berasal dari seluruh Indonesia dengan total 50 peserta.

“Dari puluhan peserta yang mengikuti, terpilihlah satu karya terbaik. Atas nama Giant Tahta Pahlawan. Untuk memilih pemenang bukanlah perkara mudah. Tentunya penilaian dilakukan secara profesional dan netral oleh juri professional di bidangnya yang ditunjuk oleh panitia,”ujar pria yang akrab disapa ARD.

Sejak awal kata ARD, ia sampaikan tujuan dari sayembara lomba desain maskot ini selain menjadi ajang Promosi  pelaksanaan Porprov Jabar juga memberikan ruang kepada masyarakat  untuk menyalurkan ide dan gagasannya untuk ikut berpartisipasi dalam pembuatan desain maskot yang akan menjadi kebanggan khususnya bagi Kontingen Subang di event bergengsi empat tahun sekali di Jabar tahun ini.

“Melalui lomba desain maskot ini kami mengajak bersama-sama menyemarakan dan menyukseskan Subang sebagai tuan rumah dan pengiriman Kontingen Porprov Jabar 2022  ini ,”ujarnya .

Ia mengucapkan terimakasih khususnya kepada Subang Creative Hub yang diisi anak-anak muda kreatif atas kolaborasi dan partisipasinya menggelar beberapa kegiatan dalam menyukseskan Porpov Jabar 2022 ini. Salah satunya dalam lomba desain maskot ini.

“Kolaborasi ini tak lain adalah demi satu tujuan bersama dalam rangka menyukseskan Porprov 2022. Tentunya ini menjadi penambah spritit bagi kami (KONI Subang) atlet dan official untuk sukses meraih prestasi dalam gelaran Porprov ke-14 Jabar yang akan berlangsung tinggal menghitung hari lagi,”ujarnya.

Rencananya kata ARD, maskot yang terpilih tersebut, akan dilaunching bersamaan dengan Jingle PORPROV Jabar 2022 dalam acara  pengukuhan atlet dan official Kontingen Subang  di Gor Gotong Royong Subang dalam waktu dekat ini.

“Biar menjadi kebanggan bagi pemenang lomba desain maskot, Maka penyerahan hadiah akan diberikan langsung pada saat pengukuhan kontingen Subang,”terangnya.


Secara terpisah, Ketua Panitia Daerah (Panda) PORPROV ke-14 Jabar Kabupaten Subang, H.Asep Nuroni, S.Sos, M.Si, mengucapkan terimakasih atas nama Pemerintah Daerah Subang kepada KONI Kabupaten Subang dan SCH yang telah menyelenggarakan sayembara desain maskot PORPROV Jabar ke -14 2022 ini.

Lomba desain maskot ini kata Asep, selain mendukung pelaksanaan PORPROV Jabar 2022, adalah bagian juga dari mempopulerkan daerah. Karena dengan kesempatan banyak orang hadir, dengan adanya maskot mereka akan terkesan dan mengingat Kabupaten Subang sebagai tuan rumah.

“Dan dengan dilakukannya kompetisi adalah bukti keseriusan dan bukti netralitas tidak ada unsur apapun murni kita mengambil dari profesionalisme. Oleh sebab itu, hasil dari kompetisi ini bagian yang terbaik untuk Kabupaten Subang,”ujarnya.

Ketua SCH, Ardi Adrianto Akbar menyampaikan terimakasih atas kepercayaan KONI Subang untuk melibatkan SCH dalam mendukung berbagai macam kegiatan untuk menyukseskan Kabupaten Subang sebagai tuan rumah PORPROV Jabar ke-14 2022 ini.

“Alhamdulillah lomba maskot PORPROV Jabar ke-14 Kabupaten Subang telah terpilih satu peserta dengan hasil karya terbaik mewakili identitas Kabupaten Subang. Teman-teman Subang Creative Hub senang bisa terlibat dalam proses ini. Semoga kolaborasi bisa terus berlanjut,”tutupnya.

Maskot buah karya giant tersebut perwujudan dari Sisingaan yang merupakan seni pertunjukan rakyat khas Sunda, berasal dari Kabupaten Subang . Sisingaan asalah simbol perjuangan , cahaya semangat, dan peubahan baru dalam dunia olahraga agar menjadi lebih baik untuk Jawa Barat , khususnya di Kabupaten Subang.

Bentuk Kepala dan Mahkota merupakan simbol buah Nanas Kab.Subang dikenal dengan julukan sebagai Kota Nanas atau kota Nanas Madu.

Bentuk Mahkota Buah Nanas dan Rambut Maskot yang terdiri dari 5 helai merupakan lambang dari Pancasila.

Pada bagian Samping Telinga berbentuk elemen kujang yang merupakan senjata dalam tradisi masyarakat sunda sebagai lambang kekuatan  dan keberanian. Simbol kujang juga menjadi elemen utama dalam logo PORPROV XIV Jawa Barat 2022.

Pakaian maskot berwarna dominan hijau yang diadaptasi dari pakaian pengarak sisingaan  dan sesuaikan dengan warna perisai pada lambang Kabupaten Subang sebagai simbol perdamaian.

Maskot memakai ikat kepaa khas Jawa Barat berwarna hijau yang merupakan simbol perdamaian.

Obor Api melambangkan semangat berkobar para peserta dalam kompetisi olahraga pada PORPROV XIV Jawa Barat.

Sarung Batik dengan motif Nanas semakin memperkuat figur karakter sebagai maskot khas dari Kabupaten Subang, Kota Nanas.

Senyum ramah dan mata lebar melambangkan event PORPROV XIV Jabar 2022 yang begitu meriah.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

TNI AD Akan Salurkan Bantuan dari PT Adaro untuk Korban Gempa Cianjur

Jakarta JMI, Bersinergi dengan PT Adaro Energy Indonesia Tbk (Adaro) dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), TNI AD a...