WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Peneliti China Kembangkan Nanomaterial Antivirus SARS-CoV-2


JAKARTA, JMI
-- Para peneliti di China mengembangkan sebuah nanomaterial yang bisa mengatasi lonjakan berbagai jenis virus corona, SARS-CoV-2. Mereka mengklaim penelitiannya juga akan bisa mengatasi delta dan omicron.

Hasil penelitian yang dipublikasikan jurnal Nature Nanotechnology belum lama ini mengungkapkan bahwa senyawa nano dua dimensi sangat tipis yang terdiri dari kuprum, indium, fosfor, dan sulfur (CIPS) berfungsi sebagai material baru yang mampu memberantas infeksi SARS-CoV-2. Nanomaterial adalah material yang memiliki struktur berdimensi sangat kecil yakni berkisar antara 1-100 nanometer.

Para peneliti dari Chinese Academy of Sciences (CAS) mengembangkan nanomaterial tersebut dan mekanisme antivirus, tulis media resmi China, Rabu (31/8/2022). Menurut jurnal penelitian itu, CIPS menunjukkan kemapuannya dalam mengatasi lonjakan berbagai varian SARS-CoV-2, termasuk delta dan omicron.

Hasil uji coba menunjukkan bahwa ketika dikaitkan dengan CIPS, virus dengan cepat dieliminasi sehingga CIPS dapat digunakan untuk menangkal virus. Hasil uji coba itu juga menunjukkan bahwa CIPS dapat menghambat masuknya virus dan infeksi pada sel, organoid, dan tikus.

CIPS juga secara efektif mampu meredakan peradangan paru-paru pada tikus yang disebabkan oleh infeksi SARS-CoV-2. Studi ini menunjukkan potensi CIPS sebagai obat berbasis nano untuk terapi yang aman dan efektif mencegah infeksi SARS-CoV-2.

 

RPBLK/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ketua KNPB Mimika Ditangkap Terkait Suplai Senjata Ilegal ke KKB Papua

gambar hanya ilustrasi JAKARTA, JMI -- Satgas Ops Damai Cartenz  kembali menangkap dua tersangka dalam kasus dugaan suplai senjata dan amuni...