WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Polisi Janji Tilang Pakai HP Tidak Sampai ke Jalan Perumahan

gambar hanya ilustrasi (gridoto.com)

JAKARTA, JMI
 -- Satuan Lalu Lintas Polrestabes Surabaya mulai menyosialisasikan ETLE Mobile Gadget atau tilang elektronik dengan HP pekan ini. Sosialisasi dilakukan satu pekan tanpa penilangan.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya Komisaris Arif Fazlurrahman menyampaikan pihaknya memastikan penindakan hanya akan dilakukan di jalan umum. Polisi tidak akan membidik pengguna kendaraan di kawasan seperti perumahan.

"Peraturan lalu lintas itu berlaku di jalan umum. Jalan umum itu yang dilintasi masyarakat secara umum, bukan kawasan. Kayak perumahan itu kawasan. Jadi jalan perlintas secara umum, daerah-daerah yang menjadi pengawasan kita, seperti jalan protokol, kemudian jalan-jalan arteri, penyokong Kota Surabaya," kata Arif dikutip dari situs NTMC Polri, dikutip Selasa (13/9).

Menurut Arif, penindakan akan dilakukan di jalan yang masuk skala rawan kecelakaan. Ia memberi contoh seperti di jalan raya yang tidak menggunakan helm, parkir di sepadan jalan hingga menyebabkan kemacetan.

Ia bilang penegakan aturan dengan metode ini akan melibatkan belasan petugas untuk berpatroli menggunakan ETLE Mobile Gadget. Mereka akan bergantian menggunakan lima peralatan ETLE Mobile Gadget yang diberikan langsung oleh Korlantas Polri.

"Petugas yang disprinkan, ditunjuk, dan dilatih menggunakan alat ini 15 personel. Sedangkan alatnya hanya lima alat, nanti akan dipakai secara bergantian," kata Arif.

Selama masa sosialisasi, Arif juga tidak menampik penerapan ETLE Mobile Gadget akan banyak error. Terutama saat petugas mengambil gambar.

"Inilah fungsi uji coba dan disosialisasikan. Tentunya akan kami evaluasi, nantinya efektivitasnya seperti apa. Karena peralatan ini memang kami terima langsung dari Korlantas Polri. Tidak semua menggunakan alat ini, di Semarang sudah, Surabaya, kemudian Bandung itu yang diberi Korlantas untuk diujicobakan," katanya.

Arif berharap tidak banyak pengendara yang dibidik melalui ETLE Mobile Gadget. Menurutnya semakin rendah pelanggaran, semakin tinggi kesadaran warga Surabaya dalam tertib berlalu lintas.

"Tidak ada target, kami tidak menargetkan pelanggar. Malahan kami harapkan tidak ada pelanggaran. Semakin tidak ada pelanggaran, semakin bagus," kata dia.

Arif menambahkan petugas lalu lintas Polrestabes Surabaya nantinya tidak hanya akan mendokumentasikan pelanggar. Mereka juga tetap mengatur lalu lintas.

"Selama berpatroli, tim ETLE Mobile Gadget juga melakukan pengaturan lalu lintas di jalan-jalan umum itu. Seperti di Jalan Darmo dan Diponegoro. Kalau sampai masuk-masuk ke dalam (perumahan) tidak lah," ungkap Arif.


CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Kapolres Subang Cek Stadion Persikas Jadi Tuan Rumah Perhelatan Sepakbola Liga 3 Nasional Grup D

SUBANG, JMI - Persikas Subang jadi tuan rumah perhelatan Liga 3 Nasional Grup D yang akan digelar mulai tanggal 29 April hingga...