WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Rupiah Keok di Rp14.842 Akibat Modal Asing Kabur dari RI

mata uang rupiah melemah Rp.14.842,- per dollar siang ini (tribunnews.com)

JAKARTA, JMI
-- Nilai tukar rupiah berada di level Rp14.842 per dolar AS pada Senin (12/9) sore. Mata uang Garuda ini melemah 12 poin atau minus 0,08 persen dari perdagangan sebelumnya.

Sementara, kurs referensi Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah di posisi Rp14.839 per dolar AS pada perdagangan hari ini.

Mata uang di kawasan Asia tampak bergerak bervariasi. Yen Jepang melemah 0,31 persen, won Korea Selatan minus 0,42 persen, peso Filipina minus 0,07 persen, dan Thailand melemah 0,03 persen.

Sedangkan, dolar Singapura menguat 0,21 persen, yuan China menguat 0,45 persen, baht Thailand menguat 0,05 persen, dan dolar Hong Kong stagnan.

Sementara itu, mata uang negara maju kompak berada di zona hijau. Poundsterling Inggris menguat 0,79 persen, euro Eropa menguat 1,31 persen, dolar Australia menguat 1,76 persen, dan dolar Kanada menguat 0,56 persen.

Senior Analis DCFX Lukman Leong mengatakan rupiah melemah karena tingginya capital outflow.

"Capital outflow oleh investor asing melepas obligasi pemerintah menekan rupiah," katanya kepada salah satu Media Mainstream

Di sisi lain, Lukman mengatakan kebijakan menaikkan suku bunga yang agresif oleh bank sentral utama dunia, memberikan tekanan pada BI untuk merespons hal yang sama.

Menurutnya, ekspektasi inflasi Indonesia ke depan juga meningkat seiring dinaikkannya harga pertalite, hal ini membuat Surat Berharga Negara (SBN) menjadi tidak menarik untuk investor.


CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Simpang Siur Informasi Antara DPR-RI Komisi X Dengan Pemda Bandar Lampung, GAMAPELA Minta KPK Turun Tangan

Bandar Lampung JMI, Perhatian masyarakat Bandar Lampung semakin meluas terkait polemik gaji guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...