WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bareskrim Menghimbau Untuk Seluruh Anggota Agar Tidak Merazia Apotek Terkait Gagal Ginjal Akut


JAKARTA, JMI
– Bareskrim Polri mengeluarkan surat telegram yang berisi imbauan kepada seluruh jajaran untuk tidak merazia apotek yang menjual obat-obatan terkait kasus gagal ginjal akut surat telegram bernomor ST/192. /RES.4/X/2022/BARESKRIM telah sah di sebarkan kepada seluruh jajaran kepolisian.

"Surat telegram itu benar. Sifatnya TR itu imbauan dalam rangka untuk melakukan pengawasan, jadi belum sampai ke upaya razia," kata Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Jayadi, saat dikonfirmasi mengenai surat telegram larangan penindakan apotek.

Terbitnya surat telegram tersebut (25/10) sudah di tandatangani Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Siregar, atas nama Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

Isi arahan bareskrim tersebut meliputi ;

  • Harus selalu koordinasi dengan BPOM setempat terkait perkembangan sirup yang mengandung EG dan DEG.
  • Seluruh jajaran tidak melaksanakan razia, gakkum terhadap apotek atau toko obat yang di duga melakukan penjualan sirup/obat merek tertentu yang melebihi ambang batas kandungan EG maupun DEG, karena pada dasarnya apotek/toko obat sama sekali bukan pihak yang harus disalahkan.

Presiden Jokowi juga sudah memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk menjamin pasien gagal ginjal akut diduga akibat cairan yang di anggap membahayakan untuk di konsumsi anak seperti etinol glikol atau zat lain pada obat perawatan gratis.

Jokowi mengatakan dia telah memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk menyetop sementara penggunaan obat diduga tercemar zat yang memicu gagal ginjal. Menurutnya, penghentian sementara harus dilakukan sambil menunggu pemeriksaan mendalam oleh BPOM.

"Meskipun masih diduga, dihentikan lebih dulu menunggu investigasi menyeluruh BPOM pada seluruh obat sirop yang menggunakan bahan pelarut, dilakukan secara terbuka, transparan, dan juga hati-hati dan juga objektif" ujarnya.

 

Dtk/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pembangunan MCK Diduga Tabrak Aturan Sehingga Menjadi Sorotan

TANGERANG, JMI -  Pemerintah kabupaten Tangerang melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Pemakaman (Perkim) memberikan pelayanan bagi...