WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi Sampai 4 Meter Akan Terjadi

gambar hanya ilustrasi saat gelombang air laut tinggi yang berpotensi tsunami/net


JAKARTA, JMI – (BMKG) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dengan potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan yang ada di indonesia. BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi berpotensi tsunami pada tanggal 14-15 oktober di beberapa wilayah perairan Indonesia.

“di Mohon untuk seluruh masyarakat yang tinggal di pesisir laut sekitar yang akan menghadapi gelombang tinggi berpotensi tsunami harus selalu waspada “ kata BMKG dalam siaran pers hari ini (14/10)

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari selatan ke barat dengan kecepatan angin secepat 5-25 knot, sedangkan untuk wilayah selatan Indonesia angina bergerak dari tenggara ke barat daya secepat 5-20 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, Selat Sunda, Laut Sulawesi bagian barat," ujar BMKG.

Dalam potensi tersebut menyebabkan terjadinya peluang meningkatnya gelombang air setinggi 1,2-2,5 Meter di perairan barat aceh, sedangkan gelombang air yang lebih tinggi ada di daerah selat malaka sekitar 2,5-4 Meter berpeluang akan terjadi di selat malaka bagian utara.

"Untuk itu, harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti, perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter," kata BMKG.

 

Far/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jendral Andika ; Kasus Paspampres Bukan Asusila Tapi Suka Sama Suka

Panglima TNI Jendral Andika Konfirmasi atas kasus asusila yang terjadi pada perwira menangah atas Paspamres di acara G20 Bali/net JAKARTA, J...