WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Empat Astronot Space X Berhasil Mendarat Ke Bumi Dengan Selamat

saat ke-empat astronot di dalam kapsul panas proyek spaceX yang di luncurkan oleh NASA/net

JAKARTA, JMI
– Setelah hampir enam bulan melakukan penelitian di international spacestation (ISS) Tim Astronot yang mengemban misi Space X berhasil kembali ke bumi dengan selamat mereka mendarat di lepas pantai florida samudera atlantik.

Statmen yang di keluarkan NASA yaitu kapsul SpaceX yang memperoleh julukan freedom tersebut di terjunkan kelaut sekitar pukul 16.55 waktu setempat dan menempuh lima jam penerbangan dari ISS.

"Sejak diluncurkan ke ISS dan mulai mengorbit pada 27 April lalu, SpaceX mengangkut tiga astronot NASA AS, yakni Kjell Lindgren, Jessica Watkins dan Bob Hines. Selain itu, misi tersebut juga melibatkan satu awak Italia dari European Space Agency, Samantha Cristoforetti" ujar pernyataan yang di muat media reuters.

TIM pemulihan yang di bentuk NASA telah memulihkan ke-empat astronot untuk keluar satu persatu dari kapsul panas yang terbakar akibat meluncur ke bumi kurang dari satu jam.

"Karena baru saja mendarat di bumi, para astronot yag masih mengenakan pakaian antariksa putih-hitam beserta helm mereka berjalan dengan gontai karena terbiasa hidup di ruang angkasa tanpa gravitasi," jelasnya.

Seperti yang kita ketahui NASA mengatakan bahwa astronot yang kembali ke bumi harus menjalani pemeriksaan kesehatan rutin di atas kapal sebelum mereka di terbangkan ke florida.

Selama tinggal di stasiun ruang angkasa, para kru mengorbit Bumi sebanyak 2.720 kali. Sekali orbit setiap 90 menit, mereka mencatat jarak sekitar 72 juta mil di ruang angkasa.

Tim tersebut merupakan kelompok astronot jangka panjang keempat yang diluncurkan ke ISS oleh SpaceX sejak perusahaan roket swasta yang didirikan oleh CEO Tesla Inc Elton Musk mulai menerbangkan personel NASA pada Mei 2020 lalu.

Kembalinya mereka ke bumi terjadi seminggu setelah tim pengganti mereka, Kru-5 yang terdiri dari seorang kosmonot Rusia, seorang astronot Jepang dan dua awak NASA  telah tiba di ISS.

ISS merupakan stasiun penelitian ruang angkasa yang membentang sepanjang lapangan sepak bola AS. Tempat ini terus dikelola sejak tahun 2000, oleh kemitraan yang dipimpin AS-Rusia yang mencakup Kanada, Jepang, dan 11 negara Eropa.

 

RML/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

TNI AD Akan Salurkan Bantuan dari PT Adaro untuk Korban Gempa Cianjur

Jakarta JMI, Bersinergi dengan PT Adaro Energy Indonesia Tbk (Adaro) dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), TNI AD a...