WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Wakili Majalengka, TP PKK Desa Pagandon Masuk Nominasi 6 Besar Tingkat Jawa Barat

MAJALENGKA, JMI - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di Kabupaten Majalengka tercatat sudah beberapa kali masuk ke dalam kategori nominasi 5 lomba 10 program pokok PKK tingkat Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua TP PKK Jawa Barat, Lina Ruzhanul Ulum saat mengunjungi kegiatan yang diselenggarakan oleh TP PKK Desa Pagandon, Kecamatan Kadipaten, pada hari Rabu 29 September 2022.

Di tahun ini, kata dia, ada 27 kota/kabupaten yang mengikuti kegiatan lomba tersebut dan sekarang yang masuk ke dalam nominasinya ada 6 kota dan 6 kabupaten.

"TP PKK Desa Pagandon mewakili Kabupaten Majalengka sudah masuk nominasi dan berada di 6 besar. Ketentuan itu berdasarkan hasil penilaian dari kesekretariatan kemudian Pokja 1, 2, 3 dan 4," jelas Lina.

Ia menyebutkan, bahwa lomba yang mengangkat peran Pokja 1 dengan programnya saat ini salah satunya yaitu mengetengahkan pola asuh anak remaja melalui era digital.

Kemudian, peran Pokja II yang mengangkat UP2K ditujukan untuk peningkatan ekonomi keluarga melalui pembinaan-pembinaan yang dilakukan oleh kader PKK kepada masyarakat. 

Hal ini ditujukan supaya menancapkan penghasilan atau pendapatan masyarakat sendiri dengan program-program pemberdayaan ekonomi melalui UMKM.

"Ini keren sekali, PKK di Desa Pagandon ini lewat Pokja 1-nya melakukan pembinaan terhadap anak-anak jalan supaya bisa berkarya dan tidak hanya nongkrong di pinggir jalan," ungkapnya.

Lina berharap, dengan adanya lomba tersebut dapat membangun ketertiban administrasi serta penerapan dari implementasi Pokja yang ada di PKK.
Tak hanya sebatas dalam momen lomba, ia pun berharap agar program-program pokok yang dimiliki PKK bisa secara nyata sampai ke masyarakat.

Ketua TP PKK Kabupaten Majalengka, Dedeh Karna Sobahi menambahkan, sejatinya peranan PKK memiliki tugas untuk pembangunan keluarga yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945 dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

"Kegiatan yang kami lakukan terus menerus dan berkesinambungan untuk menghimpun, menggerakkan dan membina masyarakat dengan melaksanakan 10 program pokok PKK," ujarnya.

Sasaran dari program pokok PKK yakni keluarga dari unit terkecil dalam masyarakat. "Lewat program pokok PKK inilah kemudian kami jalankan untuk mewujudkan keluarga sejahtera yang selalu hidup dalam suasana damai, aman, tertib, tenteram, makmur dan sejahtera dalam rangka ketahanan nasional," jelas isteri Bupati Kabupaten  Majalengka ini. 

Yaya Ruhiyat/JMI/red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Danramil 05/Balaraja Kodim 0510/Tigaraksa Pimpin Apel Pagi dan Senam SKJ 88

Tigaraksa JMI, Kabupaten Tangerang, Banten - Kapten Inf Ali Maskuri SE, Danramil 05/Balaraja, Kodim 0510/Tigaraksa memimpin apel pagi di lan...