WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Kukuhkan FK3, Harapkan Peningkatan Kesehatan Masyarakat


Subang JMI,
Bupati Subang H. Ruhimat, hadir dalam kegiatan Pengukuhan Forum Komunikasi Kader Kesehatan dan Keluarga Berencana (FK3), Bertempat di Lapangan Alun-alun Kecamatan Binong. Selasa, (15/11/ 2022).

Kader kesehatan yang dikukuhkan pada kesempatan tersebut adalah para kader kesehatan yang tergabung dalam FK3 Subang yang berasal dari 6 Kecamatan, yaitu Kecamatan Binong, Tambakdahan, Pamanukan, Legon kulon Pusakanagara dan Pusakajaya.

Ketua panitia yang juga kepala UPTD Puskesmas Binong H. Anang, SKM., MMKes dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud dari diadakannya pengukuhan Forum Kader Kesehatan dan KB adalah untuk meningkatkan kesatuan antara kader dan menjalin silaturahmi antara kader-kader kesehatan KB yang ada di wilayah ini,"tuturnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa peserta yang akan dikukuhka berjumlah 900 kader yang berasal dari 6 Kecamatan dan 7 Puskesmas. Selain itu, dana penyelenggaraan kegiatan berasal dari swadaya semua pihak terkait.

H. Anang menambahkan bahwa para Kader Kesehatan dan KB adalah pejuang kesehatan yang turun langsung ke tengah masyarakat. "Mereka adalah pejuang kesehatan dan para pejuang KB yang ada di tengah-tengah masyarakat, mereka yang berjuang turun langsung ke masyarakat untuk menyelesaikan membantu masalah-masalah kesehatan dan KB."ungkapnya.

Sementara itu, Camat Binong Hazizul Hakim, S.Sos., M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Bupati Subang ke Kecamatan Binong, dan berharap kegiatan tersebut mampu membangun sinergitas dan kebersamaan dalam membangun Subang menuju Subang Jawara.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan terbangun semangat kebersamaan kita, semangat bergotong-royong kita, dan kekompakan kita, khususnya di dalam membangun Subang jawara."pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Maxi, M.H.Kes mengucapkan terima kasih atas segala partisipasi para kader kesehatan dan KB dalam segala kegiatan kesehatan di wilayah kerja masing-masing. 

"Terima kasih sudah membantu Kepala Puskesmas ibu bidan, tenaga-tenaga perawat, bersama-sama membantu melayani Masyarakat, khususnya dalam penanganan pandemi yang hampir 2 tahun, mulai dari penanganan penyakit, sampai kepada vaksinasi."tuturnya.


Selain itu, dirinya pun mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Kabupaten Subang, dimana peran kader kesehatan dan KB sangat membantu dalam meraih prestasi tersebut.

"Selamat kepada Para Kepala Puskesmas dan Kader Kesehatan, karena Kabupaten Subang di Hari Kesehatan Nasional ke-58 tingkat provinsi Jawa Barat, kemarin menerima penghargaan dari Bapak Gubernur Jawa Barat sebagai Kabupaten dengan implementasi Germas terbaik."ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas P2KBP3A Dra. Nunung Suryani, M.Si pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader kesehatan dan KB yang bersama-sama membantu mewujudkan masyarakat sehat.

"Tujuan kita untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, masyarakat yang tidak terjadi kematian ibu, tidak terjadi kematian bayi, dan juga tidak terjadi kasus-kasus stunting dan kasus-kasus kesehatan yang lainnya, maka saya sebagai kepala DP2KBP3A kabupaten Subang mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh kader kader kesehatan dan kader KB, yang selama ini sudah menunjukkan kinerja yang luar biasa bahkan mungkin ada yang sudah 30 tahun ke atas."pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pengukuhan yang dipimpin langsung oleh Bupati Subang, pemakaian rompi, bucket penghargaan, serta penyerahan bibit cabai sebagai simbolis dukungan Kader Kesehatan dalam pengendalian inflasi daerah di Kabupaten Subang.

Sementara itu, Bupati Subang H.Ruhimat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para kader kesehatan dan KB, karena para kader lah garda utama yang membantu masyarakat dalam segala masalah kesehatan.

"apresiasi dari saya, tiada lain maksud dan tujuan kenapa dilaksanakan adanya pengukuhan berdasarkan informasi selama ini yang tentunya ibu-ibu sudah berjuang setiap saat dari mulai menimbang bocah balita, kemudian ada tetangga sakit, pasti ibu-ibu yang berbakti yang untuk menangani masalah kesehatan. mudah-mudahan, dengan adanya pengukuhan seperti ini, minimal pengakuan apa yang selama ini sudah ibu-ibu kerja dan pengabdian kepada masyarakat, itu betul-betul bisa ditingkatkan harapannya."

Terkait Kesejahteraan para kader kesehatan dan KB, Bupati menginginkan adanya peningkatan honor. "Saya sudah diskusi dengan kepala dinas kesehatan, wayahnya dokter Maxi, terkait mereka yang sudah berbakti 25-30 tahun yang lalu, saya tidak mau tahu tingkatkan honor mereka, insya Allah ibu-ibu ditingkatkan nanti untuk dana operasionalnya ya."paparnya.

Bupati berharap, Kader Kesehatan dan KB mampu menjalankan tugasnya dengan baik demi peningkatan pelayanan kesehatan di masyarakat, khususnya di wilayah masing-masing. 

"Saya apresiasi kepada ibu-ibu semua, tiada lain saya inginkan dari ibu-ibu kader inilah yang menjadi harapan untuk peningkatan pelayanan kesehatan di lingkungan masing-masing, saya inginkan supaya kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Subang, wabil khusus di lingkungannya masing-masing itu bisa ditingkatkan."ungkapnya 

Turut hadir pada kegiatan tersebut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Para Camat di 6 Kecamatan, Para Kapus, Para Kades, Forkopimcam setempat dan para kader kesehatan yang dikukuhkan.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pemerintah Desa Gembong Diskusi Dengan Warga Sekitar Perusahaan PT. Mayora

Balaraja JMI, Di kesempatan ini pemerintah Desa Gembong, Kec. Balaraja, Kab. Tangerang Melaksanakan diskusi dengan warga yang berdekatan de...