WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Simulasi Pilpres, Charta Politika Indonesia: Duet Ganjar-Prabowo Terkuat, Menang Satu Putaran


JAKARTA, JMI
- Hasil survei terbaru Charta Politika Indonesia menunjukkan duet Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bakal menjadi pasangan capres-cawapres terkuat pada Pilpres 2024. Keduanya bisa menang dalam satu putaran.

Hal ini merupakan hasil dari lima simulasi terhadap pasangan capres-cawapres yang dilakukan Charta Politika jika kontestasi pilpres diikuti tiga kandidat. Ganjar Pranowo ketika diduetkan dengan Prabowo Subianto maka keduanya angka mendapatkan elektabilitas 43,4 persen.

Duet Ganjar Pranowo-Prabowo Subianto ini mengalahkan duet Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka elektabilitas 33,7 persen, dan duet Puan Maharani-Andika Perkasa 3,9 persen. Responden yang tidak menjawab atau tidak tahu sebayak 18,9 persen.

“Duet Ganjar dan Prabowo memiliki angka elektabilitas paling tinggi dibandingkan simulasi lainnya dan berpotensi menang satu putaran,” ujar kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam konferensi pers virtual bertajuk “Persepsi Publik Terkait Kinerja Pemerintah dan Peta Elektoral Terkini”, Selasa (29/11/2022).

Dari simulasi yang ada, menurut Yunarto, jika responden yang tidak tahu atau tidak menjawab didistribusikan secara merata kepada tiga pasangan capres-cawapres, maka duet Ganjar-Prabowo berpotensi menang satu putaran.

“Ini karena memang Ganjar, Anies, dan Prabowo merupakan, tiga sosok terkuat dalam lembaga survei. Ketika dua di antaranya bergabung, maka memang logika di atas kertas, secara statistik, masih akan menjadi pasangan yang sangat kuat dan berpotensi malah untuk kemudian menangkan satu putaran,” tuturnya.

Survei dengan metode wawancara tatap muka terhadap 1.220 orang responden dilakukan pada 4-12 November 2022. Angka margin of error 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut simulasi tiga pasangan capres-cawapres 2024:

Simulasi 1
Ganjar Pranowo-Prabowo Subianto 43,4%
Anies Baswedan-AHY 33,7%
Puan Maharani-Andika Perkasa 3,9%
TT/TJ 18,9%

Simulasi 2
Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto 34,3%
Anies Baswedan-AHY 29,1%
Prabowo Subianto-Cak Imin 25,9%
TT/TJ 10,7%

Ganjar Pranowo-Andika Perkasa 34,9%
Anies Basweda-RK 28%
Prabowo Subianto-Khofifah I Parawansa 24,9%
TT/TJ 12,2%

Simulasi 4
Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno 36,8%
Anies Baswedan-Andika Perkasa 25,7%
Prabowo Subianto-RK 25,6%
TT/TJ 12%

Simulasi 5
Ganjar Pranowo-RK 37,8%
Anies Baswedan-Aher 25,5%
Prabowo Subianto-Cak Imin 25%
TT/TJ 11,7%

Sumber: Beritasatu 

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Minibus Tabrak Pedagang Martabak di bandung, Pengemudi Diduga Mabuk

BANDUNG JMI, Minibus berplat nomor polisi (nopol) D 1618 ERP yang dikendarai pemuda berinisial E melaju dari arah timur ke barat menabrak ...