WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

5 Fakta Pele, Pesepakbola Legenda Brasil


JURNALMEDIAIndonesia
- Ya, kabar duka menyelimuti sepakbola dunia saat ini. Salah satu legenda sepakbola dunia, Pele, meninggal dunia di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brasil, pada Kamis 29 Desember 2022 waktu setempat atau Jumat (30/12/2022) dini hari WIB.

Pele meninggal dunia pada usia 82 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker usus besar. Kondisi Pele dikabarkan kian memburuk dalam beberapa waktu terakhir sehingga sempat dipindahkan ke ruang paliatif usai tubuhnya tak lagi sanggup menerima pengobatan kemoterapi.

Kini, mari menilik bersama fakta dari Pele. Apa saja? Berikut 5 fakta pesepakbola legenda Brasil Pele meninggal dunia.

1. Pencetak Hattrick Terbanyak

Salah satu fakta pesepakbola legenda Brasil, Pele, adalah dirinya menjadi pencetak hattrick atau tiga gol terbanyak dalam suatu pertandingan. Selama kariernya, Pele mencetak 129 hattrik!

Tak ayal, sosok Pele dianggap jadi salah satu pesepakbola terhebat di dunia. Dia bahkan sudah tampil memukau sejak awal kariernya di dunia sepakbola.

2. Lahir di Kota Kecil

Pele yang sudah menjadi legenda di dunia sepakbola ini ternyata lahir dari kota kecil. Dia lahir di Tres Coracoes yang merupakan kota kecil di bagian selatan Provinsi Minas Gerais, salah satu provinsi paling selatan di Brasil.

Pele lahir pada 23 Okrober 1940. Nama lengkapnya adalah Edson Arantes do Nascimento. Pele merupakan anak tertua dari tiga bersaudara. Ayahnya bernama Joao Ramos do Nascimento juga merupakan seorang pesepakbola terkenal di Brasil.

3. Debut Internasional

Fakta ketiga adalah debut internasional dari Pele. Dia pertama kali bermain di level internasional pada Juli 1957. Kala itu, Pele bermain membela Timnas Brasil di laga kontra Argentina.

Pele muda pun tampil gemilang kala itu. Dia sukses mencetak gol ke gawang Argentina. Meski pada akhirnya, Brasil kalah dengan skor 1-2.

4. Mencetak 1.000 Gol

Pele juga punya catatan gemilang lain dalam kiprahnya di dunia sepakbola. Dia menjadi salah satu pesepakbola yang sukses mencetak 1.000 gol!

Pele diketahui berkarier di dunia sepakbola sejak 1956 hingga 1977. Selama 21 tahun, dia membukukan 1.279 gol dari 1.363 pertandingan! Selain Pele, ada 4 pemain lain yang bisa mencetak 1.000 gol. Mereka adalah Franz Binder, Arthur Friedenreich, Gerd Muller, dan Josef Bican. 

5. Satu-satunya Juara 3 Kali Piala Dunia

Terakhir, fakta dari Pele adalah dia menjadi satu-satunya pesepakbola yang juara 3 kali Piala Dunia. Pencapaian itu diukirnya bersama Timnas Brasil pada Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970. 

Belum ada pesepakbola yang bisa menandingi Pele soal pencapaiannya yang satu ini sampai saat ini, termasuk pesepakbola megabintang, seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Messi bahkan baru saja merebut trofi Piala Dunia pertamanya pada tahun ini, sementara Ronaldo belum pernah sama sekali.

 

Sumber okezone

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Usai Melindas, Purnawirawan Eko Tak Bawa Hasya ke RS

JAKARTA, JMI - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Hasya Attalah Syahputra (HAS) terlindas mobil yang dikemudikan oleh purnawirawan Polri,...