WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kebutuhan Pangan Masyarakat Purwokerto Mengalami Penurunan Harga

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas Titik Puji Astuti mengatakan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat yang sempat naik  dalam beberapa hari terakhir masih terkendali/net



PURWOKERTO, JMI -- sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengalami penurunan pasca perayaan Natal 2022.

Dari pantauan di Pasar Manis, Purwokerto, Rabu, sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga di antaranya cabai merah besar, telur ayam ras, dan daging ayam ras.

Salah seorang pedagang bumbu dapur, Anjar mengatakan harga cabai merah besar saat ini Rp40.000,-per-kilogram.

"Hari ini (28/12) harganya turun, kemarin sempat bertahan di kisaran Rp45.000,-/kg selama satu pekan" katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan untuk tiga jenis cabai lainnya belum mengalami penurunan harga.
Dalam hal ini, kata dia, harga cabai merah keriting masih bertahan di kisaran Rp40.000,-/kg serta cabai rawit merah maupun cabai rawit hijau bertahan di kisaran Rp49.000,-/kg.

"Kalau bumbu dapur lainnya relatif sama, yakni bawang putih masih sebesar Rp31.000,-/kg dan bawang merah Rp40.000,-/kg," jelasnya.

Salah seorang pedagang daging unggas, Siti mengatakan harga daging ayam ras pada hari Rabu (28/12) turun dari Rp36.000,-/kg menjadi Rp35.000,-/kg.

Menurut dia, kenaikan harga daging ayam ras terjadi sejak hari Minggu (25/12) atau saat perayaan Natal 2022, Sebelum perayaan Natal, kata dia, harga daging ayam ras bertahan di kisaran Rp35.000,-/kg.

"Biasanya, kalau momentum Natal hingga tahun baru, harga daging ayam ras melonjak, tapi lonjakannya tidak setinggi saat lebaran. Cuma memang harga daging ayam ras dalam beberapa waktu terakhir cenderung fluktuatif di kisaran Rp34.000,- sampai Rp36.000,-/kg" kata Siti.

Selain cabai merah besar dan daging ayam ras, penurunan harga juga terjadi pada telur ayam ras.
Salah seorang pedagang telur, Triono mengatakan harga telur ayam ras saat ini sebesar Rp28.000/kg setelah sempat naik dari Rp27.000,-/kg menjadi Rp29.000,-/kg sejak Minggu (25/12).

"Sama seperti daging ayam ras, harga telur ayam ras selama ini memang berfluktuasi. Bahkan bulan kemarin sempat mencapai Rp31.000,-/kg" katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas Titik Puji Astuti mengatakan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat yang sempat terjadi dalam beberapa hari terakhir masih terkendali.

"Kami akan terus memantau perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat di pasaran agar tetap terkendali," katanya.

 

FAR/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Zulhas : Ancam Tutup Agen atau Pabrik yang Curangi Minyakkita Tak Main-main

Jakarta JMI, Keberadaan Minyakita langka di sejumlah daerah, termasuk di Kota Bandung. Harga minyak goreng bersubsidi itu juga sudah di atas...