WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dua Wisatawan Tewas Tenggelam di Danau Situ Gunung


SUKABUMI JMI,
Tiga orang wisatawan tenggelam di Danau Situ Gunung, Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Minggu (1/1/2023).

Diketahui, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIB, saat wisatawan tengah naik rakit di Danau Situ Ggunung

Petugas Penangulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kadudampit, D Syarifudin, mengatakan, peristiwa tersebut bermula saat tiga wisatawan sengaja mendatangi lokasi wisata Situ Gunung untuk mengisi hari libur panjangnya pada tahun baru 2023.

"Ketiga wisatawan ini, bersama teman-temanya naik rakit ke tengah danau dipandu oleh 2 orang," ujarnya.

Dari tiga orang wistawan yang tenggelam ini, dua orang wisatawan lainnya bisa diselamatkan Namun, satu korban lainnya atas nama Nandi tidak bisa diselamatkan.

"Dua korban yang berhasil menyelamatkan diri sudah di bawa ke rumah sakit. Namun, satu korban atas Nandi belum juga ditemukan," pungkas

Dua Orang Meninggal Dunia

Wisatawan yang tenggelam di Danau Situ Gunung, Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Minggu (1/1/2023), akhirnya ditemukan.

Korban tenggelam kedua tersebut bernama Benthar Huntanagara (28), yang tak lain masih teman korban meninggal pertama, Nandi Supriatna (21), sekitar pukul 12.00 WIB.

Benthar Hutanagara ditemukan sekitar pukul 16.09 WIB, tidak jauh dari lokasi pencarian.

Petugas gabungan berpencar mencari korban, dari penyelam hingga pencarian visual menggunakan rakit dan perahu.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sy Zaenal Abidin, mengatakan, Benthar Hutanagara tenggelam berawal saat menolong temannya yang tenggelam.

"Namun setelah temannya dapat ditolong, bersangkutan BH tidak kembali muncul ke permukaan," ucap Zainal.

Usai mendapatkan informasi dan penanganan, sekitar pukul 13.00 WIB dilakukan pencarian korban akhirnya ditemukan sekitar pukul 16.09 WIB.

"Setelah kita lakukan pencarian dengan unsur tim SAR gabunga, akhirnya sore ini dapat kita temukan, dalam meninggal dunia" ucapnya.

Korban pun langsung dievakuasi ke RS Betha Medika untuk pemeriksaan medis.

"Korban dievakusi ke RS terdekat untuk pemeriksaan medis seperti korban pertama. Kemudian selanjutnya diaerahkan kepada keluarga," jelas Zainal.

Kronologis Kejadian

Tiga orang wisatawan tenggelam di Danau Situ Gunung, Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (1/1/2023).

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIB, saat wisatawan tengah naik rakit di Danau Situ Gunung.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kadudampit, D Syarifudin, mengatakan, peristiwa tersebut bermula saat tiga wisatawan sengaja mendatangi lokasi wisata Situ Gunung untuk mengisi hari libur panjangnya pada tahun baru 2023.

"Ketiga wisatawan ini bersama teman-temanya naik rakit ke tengah danau dipandu oleh dua orang," ujarnya.

"Saat sampai di tengah danau, korban bernama Nandi tiba-tiba meloncat, padahal tidak bisa renang. Nah, dua temannya bernama Bhentar dan Elvi berusaha menyelamatkan akhirnya ikut tenggelam," tuturnya.


Trb/Zr/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Disperkim Kota Bandar Lampung Aprisiasi Sinergitas Program BSPS

BANDAR LAMPUNG, JMI - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan pada tahun 2...