WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dua Napiter Lapas Kelas IIA Subang Lakukan Ikrar Setia Kepada NKRI


Subang JMI, 
Lembaga pemasyarakatan Kelas llA Subang menggelar acara ikrar setia kepada Negara kesatuan republik Indonesia ( NKRI), yaitu Dua narapidana kasus terorisme (napiter) tersebut atas nama . Muhammad Yusuf Bin Abdul Halim (Alm) dan Luigi Juliano Bin Dino PT paath menyatakan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ,Bertempat di Aula LAPAS Kelas llA Subang,Selasa (23/5/2023). Pagi

Kegiatan Ikrar kesetiaan tersebut di pimpin langsung oleh kepala Lapas kelas llA Subang Tommy Hendri Beserta jajaran, di hadiri perwakilan dari Forkopimda Subang serta perwakilan dari kemenkumham Jawa barat Kadivpas kemenkumham Jabar Kusnali dan perwakilan LAPAS lainnya di wilayah Jawa barat.

Kepala lembaga pemasyarakatan (Kalapas) kelas IIA Subang Tommy Hendri  BC,IP,S.Sos melalu  kepala seksi (Kasie ) Bimbingan Narapidana dan anak didik ( binadik ) Cepi Mulyawan.A.Md,IP,SH,MH dalan sambutannya menyampaikan bahwa 

"Ikrar NKRI ini bertujuan sebagai bentuk implementasi hasil deradikalisasi, dimana sebagai langkah awal para narapidana tindak pidana terorisme untuk mendapatkan program pembinaan di dalam Lapas seperti Remisi, Integrasi dan lain sebagainya, Ikrar yang diucapkan sebagai suatu janji serta pengikat tekad dan semangat, untuk menegaskan bersedia kembali membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).,"Tuturnya.


Lebih lanjut,"Cepi menyampaikan bahwa Dasar hukumnya sesuai Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan, Peraturan Pemerintah No.99 Tahun 2012 Tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan-Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 03 Tahun 2018 Tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi,Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat-Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : M.HH-02.PK.01.02.02 Tahun 2017 Tentang Pedoman Kerja Lembaga Pemasyarakatan Khusus Bagi Narapidana Resiko Tinggi (High Risk) 

Tujuannya Secara khusus, tujuan ikrar NKRI adalah:

 Berikrar serta berpegang teguh kepada Pancasila dan UUD 1945

• Berikrar secara tulus dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

• Meningkatkan kesadaran bela negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Mendukung program-program nasional dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Adapun tahapan pelaksanaan ikrar NKRI di Lapas Kelas IIA Subang telah dirumuskan sebagai suatu kegiatan yang utuh, integratif dan berkesinambungan. 

"Sebagai bentuk resminya pelaku individu dan kelompok bersedia meninggalkan atau melepaskan diri mereka dari aksi dan kegiatan terorisme. Sekaligus menjadi pencerah kepada orang-orang di sekitarnya dan membantu pemerintah untuk menghambat proses penyebaran radikalisme di masyarakat.," Paparnya.

Cepi menambahkan," bahwa Lapas Kelas IIA Subang dalam menangani narapidana Tindak Pidana Terorisme membentuk suatu tim Perwalian Napiter dalam kegiatan pembinaan dengan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Densus88 Anti Teror Kepolisian Republik Indonesia, BNPT, BIN, Polres Kab.Subang, Kodim Kab. Subang, dan Stake Holder lainnya. berharap langkah-langkah yang telah kami ambil dalam melaksanaan Pembinaan kepada Narapidana Terorisme tidak hanya dapat membuat para napiter yang ada di Lapas Kelas IIA Subang untuk kembali ke pangkuan NKRI tetapi juga membuat para napiter dapat kembali diterima ditengah-tengah masyarakat. Juga semoga kedepannya Lapas Kelas IIA Subang dapat tetap menjaga Sinergi dan Kolaborasi dengan Aparat Penegak Hukum terkait seperti dengan, Densus88 Anti Teror Kepolisian Republik Indonesia, BNPT, BIN,Polres Kab.Subang,Kodim Kab. Subang, dan Stake Holder lainnya.,"Harapnya.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ratusan Security BUMN PT PELNI Diberhentikan Paksa, Ngadu ke Raja Galuh Pakuan Ingin Mendapat Keadilan yang Layak

JMI - Ratusan tenaga pengamanan atau security yang bekerja di BUMN PT PELNI diberhentikan paksa tanpa alasan yang jelas. Mereka lantas me...