WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

64.000 Ribu Pengunjung Saksikan Peresmian Jakarta International Stadium


JAKARTA, JMI
  -- PT JakLingko Indonesia selaku penyedia sistem pemesanan tiket Jakarta International Stadium (JIS) secara daring menyatakan, sebanyak 64 ribu tiket penonton yang disediakan ludes terjual.

Antusiasme masyarakat dalam menyaksikan peresmian (grand launching) stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut ternyata sangat tinggi. "Jumlah pengunjung 64 ribu," ujar Sekretaris Perusahaan PT JakLingko Indonesia Kevin Haikal saat dikonfirmasi di Jakarta pada Ahad (24/7).

Peresmian JIS menggunakan konsep 2P, yaitu pertunjukan dan pertandingan. Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan mengenakan syal Persija Jakarta kala memasuki area stadion, sesaat sebelum jalannya peresmian JIS dimulai.

Panitia mensyaratkan pengunjung yang ingin menyaksikan peresmian JIS harus sudah divaksin booster. Sederet artis papan atas ibu kota mulai manggung pukul 16.00 WIB, antara lain grup band Dewa 19 plus vokalis Virzha, Kotak Band, serta Setia Band.

Selain itu, panitia juga menggelar pertandingan persahabatan yang menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Sesudah pertunjukan band papan atas Indonesia, kemudian dilanjutkan pertandingan antara klub Persija melawan tim asal Thailand, Chonburi FC. Kedua klub tersebut menjadi kesebelasan pertama yang merasakan kualitas rumput JIS.

Jevin menerangkan, peresmian JIS merupakan kali kedua aplikasi JakLingko digunakan untuk pemesanan tiket masuk stadion yang menelan anggaran Rp 4,5 triliun tersebut. Puluhan ribu tiket gratis mulai disediakan panitia untuk bisa dipesan melalui aplikasi JakLingko pada Kamis (21/7) pukul 13.30 WIB hingga Sabtu (23/7).

Guna menjaga kenyamanan mobilitas dan kelancaran arus lalu lintas (lalin), kata dia, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan pengalihan arus jalan di depan pintu barat JIS menuju Jalan Sunter Permai Raya. Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakut, Harlem Simanjuntak menjelaskan, sebanyak 600 personel disiagakan untuk mengamankan acara peresmian JIS.

Di lokasi, juga dijaga oleh petugas dan yang boleh melintas di jalan tersebut adalah bus Transjakarta dan bus pengumpan (shuttle bus), kendaraan penghuni sekitar JIS dan kendaraan VIP/VVIP/tamu undangan. Terdapat pelayanan bus menuju JIS gratis, yang disediakan bagi pengunjung dan beroperasi pukul 09.00-23.00 WIB. Kemudian, untuk kendaraan ojek daring disediakan titik penjemputan dan penurunan di halte sisi barat JIS.

Gubernur Anies Rasyid Baswedan mengaku, Pemerintah Provinsi DKI mengundang Presiden Joko Widodo hingga pemimpin daerah tetangga untuk hadir dalam peresmian stadion yang berlokasi di kawasan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, itu. Termasuk Duta Besar Kerajaan Thailand untuk Indonesia Prapan Disyatat turut diundang.

Hanya saja, menurut dia, para pemimpin negeri dan daerah memiliki kesibukan masing-masing jika memang tidak bisa datang. "Kita undang semuanya," kata Anies.

Dia menjelaskan, sebenarnya acara grand launching tidak bersifat sebagai peresmian, melainkan peluncuran. Oleh sebab itu, karena mengutamakan selebrasi, Pemprov DKI mengundang semua pihak.

Anies mengatakan, JIS dibangun untuk menjadi kandang Persija. Dia menegaskan, pembangunan fisik stadion dan fasilitas penunjang telah selesai seluruhnya. Dia menegaskan, JIS memang untuk kegiatan olahraga yang utama, namun juga bisa difungsikan menghelat event lainnya.

"Tinggal hanya administrasi dan insya Allah dituntaskan, termasuk verifikasi dan administrasi dibereskan agar bisa digunakan. Jadi, secara prinsip kita undang semuanya," kata Anies.


G.A/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ferdi Sambo dan Bharada E Akan di Periksa Komnas HAM di Mako Brimob

JAKARTA, JMI - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebutkan Komnas HAM akan memeriksa Bharada E dan Irjen Pol. Ferdy Sambo di M...