WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Salah Satu Cabor Baru Yaitu Cabor Kurash Akan Di Pertandingkan dan Akan Memberikan Warna Baru dalam PORPROV Jabar Ke-14


Subang JMI,
Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) XIV/Ke-14 Jabar yang akan diadakan di Jawa Barat sudah semakin dekat,sudah hitungan hari Pelaksanaannya dan akan memberikan warna baru. Pasalnya, ada beberapa cabang baru yang akan dipertandingkan, salah satunya adalah Kurash.

Cabang olahraga (Kurash) Kurash inipun menjadi salah satu Cabor beladiri yang akan dipertandingkan di Kabupaten Subang dari tanggal 10 – 12 November 2022 di Lapang Tenis Cottage Nalendra Cijambe Subang.

Namun apakah cabang olahraga Kurash itu?

Kurash adalah jenis olahraga beladiri yang memiliki gerakan dasar saling membanting dengan mengaitkan baju khusus. Olahraga Kurash berasal di wilayah Tatarstan Asia Tengah atau yang sekarang dikenal dengan wilayah Uzbekistan.

Gerakan dasar olahraga Kurash ini menyerupai olahraga beladiri Gulat dan olahraga beladiri Judo, hanya saja dalam Kurash kondisi bantingan berada dalam posisi berdiri pada kaitan atas, tidak diperkenankan menggunakan kaitan pada kaki.

Dalam suatu pertandingan resmi, para peserta cabang olahraga ini harus berhasil membanting lawannya dengan mengambil bagian seragam lawan. Aturan dalam kurash hanya membolehkan setiap gerakan lewat posisi berdiri. Terdapat 3 sistem penilaian di kurash, yaitu Halal, Yambosh, dan Chala. Halal adalah saat atlet kurash bisa memukul punggung lawan. Yambosh adalah Halal yang tidak sempurna, 2 Yambosh bernilai sama dengan 1 Halal. Sedangkan Chala adalah bentuk Yambosh yang tidak sempurna. Kurash baru pertama kali dilombakan di Asian Games pada tahun 2018.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pemerintah Desa Gembong Diskusi Dengan Warga Sekitar Perusahaan PT. Mayora

Balaraja JMI, Di kesempatan ini pemerintah Desa Gembong, Kec. Balaraja, Kab. Tangerang Melaksanakan diskusi dengan warga yang berdekatan de...