WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

KNKT dan Kemenhub Selidiki Anjloknya Kereta Teknis KCJB di Bandung

Foto: ANTARA Foto/Raisan Al Farisi


Bandung Barat JMI, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyelidiki insiden kecelakaan kereta teknis proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung. Keret itu anjlok di trase KCJB.

Insiden kecelakaan itu terjadi di trase kereta cepat di Kampung Campaka, Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (18/12/2022) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kecelakaan tersebut memakan korban jiwa, yakni dua pekerja teknis. Kemudian lima pekerja lain dikabarkan mengalami luka-luka. Saat ini korban masih berada di rumah sakit.

"Jadi ini kejadiannya itu kecelakaan kerja dalam rangka penyelesaian proyek KCJB. Jadi ada alat kerja kita 2, yang satu alat untuk memasang balast dan rel lalu yamg satu lagi lokomotif," ujar Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Edi Nursalam saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (19/12/2022).

Pihaknya bersama KNKT bakal menginvestigasi kecelakaan tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi yang melihat maupun terlibat kecelakaan, kemudian meneliti peralatan yang menjadi pemicu kecelakaan.

"Jadi KNKT dan kami menginvestigasi saksi yang terlibat, meneliti alat karena mungkin ada kesalahan alat atau orangnya kan belum tahu. Lalu pada kondisi lapangan apakah berpengaruh juga atau tidak," ujar Edi.

Edi mengatakan saat ini masih menyelidiki kronologis kecelakaan tersebut. Termasuk penyebab mengapa rangkaian kereta teknis tersebut bisa meluncur dari relnya.

"Ini masih dalam penyelidikan kenapa dia (rangkaian kereta teknis) bisa sampai meluncur. Jadi masih dalam investigasi kami dan KNKT," ujar Edi.

"Kemudian Kelalaian di Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bisa jadi, makanya sekarang sedang kita investigasi. Nggak tahu siapa yang salah ini, apakah alatnya atau orangnya belum tahu," tutur Edi.


Dtk/Zr/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Tidak lebih dari 10 Jam, Dua Pelaku Pembunuhan Diringkus oleh Polres Banjar

Banjar JMI, Polres Banjar Polda Jabar - Satuan Reserse Kriminal Polres Banjar Polda Jabar tidak lebih dari 10 Jam amankan pelaku Pembunuhan...