WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bapenda Majalengka Gencarkan Program GEMPITA

MAJALENGKA, JMI - Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Majalengka (Bapenda Majalengka) mulai mengintensifkan program inovasi GEMPITA ke desa-desa yang berada di wilayah Kecamatan Ligung, Jatiwangi, Sumberjaya dan Palasah, Jumat (27/1/2023).

Kepala Bapenda Majalengka, H. Irfan Nur Alam menjelaskan, bahwa GEMPITA ini merupakan sebuah program Gebyar Penyerahan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT PBB) di awal tahun 2023.

"Program ini dilaksanakan dengan konsep yang lebih meriah dengan harapan memberikan motivasi kepada desa yang telah lunas PBB-nya sebelum jatuh tempo," jelas Irfan Nur Alam.

Dalam pelaksanannya, selain dilakukannya menyerahkan SPPT, Bapenda Majalengka memberikan hadiah bagi desa yang lunas PBB sebelum jatuh tempo dan desa yang lunas tercepat.

Irfan menjelaskan, bahwa hal itu bertujuan untuk memberikan kesan keadilan bagi desa, karena setelah kewajiban pembayaran pajak dilaksanakan mereka mendapat apresiasi, dengan harapan dapat memotivasi semua desa yang belum lunas.

Di samping itu, pihaknya merealisasikan program tersebut sebagai langkah respon sigap dengan munculnya isu resesi global di Indonesia yang bakal terjadi di tahun 2023.
Dengan demikian, lanjutnya, jika saja nanti di kuartal ketiga pemerintah mengumumkan terkait dengan di Indonesia terjadi resesi maka, desa itu akan menjadi tempat migrasi. 

"Migrasi tersebut diakibatkan dari dampak banyaknya orang terkena PHK dari tempat kerjanya di kota dan kemudian mereka kembali ke desa, sehingga angka kemiskinan akan meningkat dan daya beli pun akan menurun," urainya.

Oleh sebab itu, dikatakannya, bahwa dengan digencarkan program inovasi GEMPITA sebagai langkah strategi untuk menyiasati agar sebelum terjadi resesi global, SPPT sudah berada di tangan wajib pajak dan dalam pelaksanaan  pemungutannya pun bisa dilakukan optimal.

"Untuk target pencapaian target tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun kemarin. Doakanlah mudah-mudahan kami bisa mengemban amanah ini," ucap Kepala Bapenda Majalengka. 

Yaya Ruhiyat/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Kapolres Subang Cek Stadion Persikas Jadi Tuan Rumah Perhelatan Sepakbola Liga 3 Nasional Grup D

SUBANG, JMI - Persikas Subang jadi tuan rumah perhelatan Liga 3 Nasional Grup D yang akan digelar mulai tanggal 29 April hingga...